EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Wibowo, NIM.: 19204012032 (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
19204012032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
19204012032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah mengenai proses pembelajaran daring pada prodi PAI UAD, Hambatan-hambatan pada Pembelajaran daring maupun solusinya, serta mengenai Efektifitas pembelajaran daring pada pandemi covid 19 tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan pihak kampus untuk menunjang keefektifan dalam pembelajaran daring ini, akan tetapi ada saja permasalahan baru yang selalu bermunculan. Untuk itu peneliti ingin lebih jauh mengetahui permasalahan apa saja yang ada, dan solusi apa yang ditawarkan, serta sejauh mana terkait Efektifitas pembelajaran daring pada prodi PAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jenis yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran atau objek penelitian yang disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dari penelitian ini, kita akan melihat mulai dari pembelajaran pra covid sampai dengan masa covid, terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, 1) Gambaran pembelajaran daring dimasa pandemi covid 19 pada prodi PAI universitas ahmad dahlan UAD sebelum covid itu pembelajaran tatap muka atau yang kita kenal dengan offline. 2) pembelajaran PAI UAD pada masa covid adalah mengikuti instruksi pemerintah yaitu pembelajaran online. 3) model pembelajaran dibuat atas kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Kedua, Berdasarkan hasil analisis dari pernyataan Yusuf Hadi Miarso tentang 7 indikator pembelajaran efektif dengan data yang penulis temukan di lapangan, yaitu pembelajaran daring PAI ini lebih dominan mengarah ke efektif. Dengan prosentase 43% mengarah ke efektif, 29% cukup efektif, 14%e kurang efektif, dan 14% terakhir mengarah ke sangat efektif. Ketiga, Faktor-faktor penghambat secara umum yaitu ; faktor dosen, faktor mahasiswa, faktor sarana prasarana, dan faktor lingkungan. Adapun metode yang digunakan untuk mengatasi antara lain ; menggunakan platform-platform yang tersedia, selalu meningkatkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa, tidak terfokus hanya satu platform saja, dan yang terakhir memperhatikan waktu Indonesia bagian barat mapun Indonesia bagian timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Covid 19, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:45
Last Modified: 22 May 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum