DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM

MUKHOTIB - NIM. 05140063, (2011) DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan kedokteran dan kesehatan merupakan pendidikan yang dinamis dengan model pembelajaran yang lebih menekankan pada peran aktif mahasiswa. Metode belajar berdasar permasalahan (problem-based learning) telah sepenuhnya diterapkan di Fakultas Kedokteran sejak 2003 pada Program Pendidikan Kedokteran. Sistem pembelajaran ini memerlukan dukungan fasilitas belajar seperti perpustakaan yang memadai karena mahasiswa akan lebih banyak melakukan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai bagaimana dukungan Unit Perpustakaan dan Informatika terhadap perkuliahan mahasiswa kedokteran yang menerapkan metode pembelajaran problem-based learning. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif. Metode dan teknik pengumpulan data memakai kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat dukungan memakai skala Likert. Angka hasil pengukuran, dijumlahkan, diprosentase. Hasil prosentase tersebut ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Variabel dukungan dibagi dalam enam variabel yaitu gedung, bahan pustaka, layanan, sumber daya manusia, fasilitas web, dan pendidikan pemakai. Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan unit perpustakaan dan informatika terhadap perkuliahan mahasiswa yang menerapkan metode pembelajaran PBL di Fakultas Kedokteran UGM, memiliki hasil skor 75,73 yang berarti memberikan dukungan cukup, dengan rincian indikator gedung perpustakaan memiliki skor 82,55 yang berarti baik, indikator bahan pustaka skor 60,10 berarti cukup, indikator layanan skor 68,98 berarti cukup, indikator sumber daya manusia skor 77, 51 berarti baik, indikator fasilitas web skor 84,96 berarti baik, indikator pendidikan pemakai skor 80,30 berarti baik. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan agar perpustakaan melakukan peningkatan kelembagaan dengan rencana dan dukungan semua pihak dalam lingkup fakultas untuk meningkatkan capaian di waktu-waktu yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Rokhyanti Zulaika, SAg, SIP, MSi.
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Feb 2013 16:41
Last Modified: 13 Oct 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum