IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMIC MORAL VALUE MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM

Muhammad Fat Hurroziqy, S.Psi., NIM.: 20200012071 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMIC MORAL VALUE MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMIC MORAL VALUE MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM)
20200012071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMIC MORAL VALUE MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM)
20200012071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid 19 pada tahun 2020 sampai tahun 2021 mengakibatkan permasalahan di lembaga pendidikan. Bentuk pembelajaran di masa pandemi tersebut menjadi pembelajaran yang bersifat online dan harus memakai media teknologi. Guru dituntut untuk selalu mencari pola pendidikan yang tepat untuk memaksimalkan pembelajaran pada era ini untuk menciptakan karakter yang dikehendaki sekolah. Karakter yang dikehendaki sekolah berbasis pesantren seperti SMP Sains Al Quran adalah untuk menciptakan karakter Islamic moral value. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam pendidikan karakter nilai moral Islam di SMP Ilmu Al Quran Wahid Hasyim melalui penerapan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitik. Sumber bahan penelitian adalah wawancara mendalam dengan empat orang guru, observasi lapangan dan data dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil, pertama pendidikan Islamic moral value diciptakan dengan karakter hubungan horizontal dan vertikal, ikhlas, menguasai bahasa, bersungguh-sungguh dalam belajar, memilihara persahabatan, pemaaf, rela berkorban, mujahadah, kreatif dan inovatif. Kedua Pendidikan Islamic moral value diterapkan dengan media teknologi berupa podcast, konten video, digital learning dengan guru , dan digital learning dengan Kyai. Ketiga, peran teknologi ini efektif untuk membentuk karakter siswa, menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar dan dapat mengaplikasikan program karakter bahasa dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ja’far Assagaf., M.A
Uncontrolled Keywords: Islamic Moral Value; pendidikan karakter; media teknologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:14
Last Modified: 05 Jun 2023 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum