KONSTRUKSI PENGETAHUAN DALAM TRADISI LAILATUL QIRAAH PADA HAUL K.H. SHOLIH TSANI DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK

Zidna Zuhdana Mushthoza, NIM.: 18200010252 (2023) KONSTRUKSI PENGETAHUAN DALAM TRADISI LAILATUL QIRAAH PADA HAUL K.H. SHOLIH TSANI DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PENGETAHUAN DALAM TRADISI LAILATUL QIRAAH PADA HAUL K.H. SHOLIH TSANI DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK)
18200010252_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PENGETAHUAN DALAM TRADISI LAILATUL QIRAAH PADA HAUL K.H. SHOLIH TSANI DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK)
18200010252_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi lailatul qiraah sebagai pembacaan tilawah al-Qur’an yang dibacakan oleh qari-qariah tingkat lokal, nasional maupun internasional mulai dari tilawah, hifzil Qur’an dan syarhil Qur’an digelar pada salah satu rangkaian acara haul K.H. Sholih Tsani di Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah. Di Pondok Qomaruddin, haul yang identik dengan tradisi peringatan kematian serta pembacaan dan kirim doa untuk orang yang sudah meninggal, menjadikan lailatul qiraah sebagai salah satu rangkaian acara yang sudah bertahan sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Dengan konsep yang dibangun oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana praktik tradisi lailatul qiraah dalam haul K.H. Sholih Tsani, bagaimana transmisi dan transformasi dari masa ke masa dalam tradisi lailatul qiraah, dan bagaimana konstruk pengetahuan dari tradisi lailatul qiraah dalam haul K.H. Sholih Tsani. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan analisis data secara deskriptif analitik. Sumber data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan observasi dalam kanal youtube @pondokqomaruddin dan @Elektro TV. Peneliti juga terlibat untuk mengikuti secara langsung pada tradisi lailatul qiraah. Tulisan ini menemukan hasil bahwa praktik lailatul qiraah yang terjadi sejak tahun 1980-an mengalami pergeseran dan perubahan. Pergeseran dan perubahan tindakan yang terjadi disebabkan adanya konstruksi pengetahuan yang berbeda dari pelaksana, kiai, audiens dan juga interaksi sosial yang mempengaruhinya, Sebagai sebuah tradisi ceremonial, lailatul qiraah mengupayakan pada pembacaan ayat al-Qur’an dengan nada indah sebagai tujuan utamanya, sehingga dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sebagai sebuah eksternalisasinya. Tradisi lailatul qiraah merupakan tradisi sosial keagamaan karena bukan hanya sebagai kegiatan pembacaan tilawah pada umumnya, tetapi menjadi kegiatan sosial yang sudah terlembagakan melalui tontonan publik dalam rangkaian acara ritual kematian (haul). Pembacaan tilawah yang terobjektivikasi menjadi momen untuk memperbaiki spritualitas dari pendengar dengan bentuk penerimaan yang berbeda-beda sesuai dengan pengetahuan pengalaman dan interaksis sosial masing-masing individu yang kemudian mengeksternalisasi dalam sebuah tindakan yang berbeda pula pada setiap individu. Hal tersebut setidaknya mampu membuktikan bahwa agama itu sangat erat dengan kegiatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Rafiq, M.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Tradisi Lailatul Qiraah; transmisi-transformasi; konstruksi pengetahuan
Subjects: Islam dan Tradisi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hermeneutika Al Qur'an
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jun 2023 10:32
Last Modified: 05 Jun 2023 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum