DINAMIKA PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM WIRAUSAHA: STUDI KASUS PERAN “SEKOLAH PERJUMPAAN” DI DESA MIDANG KEC. GUNUNG SARI KAB. LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Syauqany, NIM.: 18200010016 (2023) DINAMIKA PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM WIRAUSAHA: STUDI KASUS PERAN “SEKOLAH PERJUMPAAN” DI DESA MIDANG KEC. GUNUNG SARI KAB. LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM WIRAUSAHA: STUDI KASUS PERAN “SEKOLAH PERJUMPAAN” DI DESA MIDANG KEC. GUNUNG SARI KAB. LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)
18200010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM WIRAUSAHA: STUDI KASUS PERAN “SEKOLAH PERJUMPAAN” DI DESA MIDANG KEC. GUNUNG SARI KAB. LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)
18200010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika kehidupan masyarakat modern tidak terlepas dari masalah sosial kemiskinan, kekerasan, pengganguran, dan kenakalan remaja. Adanya pendampingan masyarakat Desa untuk membantu pergerakan masyarakat Desa dan akan positif jika generasi mudanya yang menopang keberlanjutan perkembangan dari masyarakat melalui kelompok/ komunitas maupun perseoragan. Komunitas “Sekolah Perjumpaan” sekolah non formal yang mengedepankan nilai-nilai moralitas dan kegiatan bersifat kewirausahan melibatkan anak-anak muda pada usia produktif di Desa Midang. Tujuan penilitian agar dapat mejeskan peran ‘Sekolah Perjumpaan’ dalam pendampingan masyarakat berwirausaha dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi SP dalam pelaksanaan pendampingan masyarakat berwirausaha di Desa Midang, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat, Provinsi NTB. Data hasil penelitian dalam tesis menggunakan data lapangan yang dilakukan menghabiskan waktu lebih kurang enam bulan, mulai dari bulan Maret- Agustus Tahun 2022) melalui observasi dan wawancara Kepala Desa, Ketua SP dan Peserta SP. Dalam Tesis ini dapat berkontribusi diskursus akademik mengenai pendampingan masyarakat, wirausaha dalam praktik sekolah non formal berbasis nilai tertentu. Tesis ini menunjukkan bahwa dari kegiatan literasi dan peternakan tersebut seiring berjalannya waktu akan bisa menjadi sebagai tugas pendampingan, menjadi prinsip-prinsip pendamping masyarakat, mempersiapkan pendamping yang profesional dan menciptakan struktur pola pendampingan masyarakat berbasis nilai moral. Pendampingan masyarakat dalam berwirausaha yang SP lekukan sangat mungkin berkembang. Karena tujuannya bukan sematamata mencari keuntungan, melainkan sebagai wadah praktek bagi peserta SP untuk memperbaiki masyarakat. Dilakukan oleh sekolah perjumpaan tentu memiliki hambatan dan tantangan dalam prosesnya, baik secara internal maupun ekternal. Adanya hambatan dantangan bukan diratapi melainkan mencari solusi bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.
Uncontrolled Keywords: pendampingan masyarakat; wirausaha; sekolah perjumpaan
Subjects: Pekerjaan Sosial
Wirausaha
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Jun 2023 14:36
Last Modified: 20 Jun 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum