INOVASI MEDIA DISEMINASI INFORMASI IPTEK PERTANIAN DALAM PELAYANAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN BOGOR

Nurwahyu, S.Sos, NIM.: 18200010101 (2022) INOVASI MEDIA DISEMINASI INFORMASI IPTEK PERTANIAN DALAM PELAYANAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN BOGOR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI MEDIA DISEMINASI INFORMASI IPTEK PERTANIAN DALAM PELAYANAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN BOGOR)
18200010101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INOVASI MEDIA DISEMINASI INFORMASI IPTEK PERTANIAN DALAM PELAYANAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN BOGOR)
18200010101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui difusi inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor, untuk mengetahui bentuk inovasi media desiminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor, untuk mengetahui dampak inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulandata melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yakni data diambil dari orang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok mengenai topik penelitian, dalam hal ini adalah kepala perpustakaan, Pustakawan, pengelola perpustakaan serta pemustaka yang terlibat. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknis dan sumber serta melakukan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses difusi inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor terdiri dari unsur Inovasi, saluran komunikasi, waktu, sistem sosial, (2) bentuk inovasi media desiminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor meliputi inovasi media diseminasi informasi pada sistem informasi perpustakaan terintegrasi, inovasi media disemisasi informasi pada sistem layanan perpustakaan, inovasi media diseminasi informasi pada kemasan informasi sesuai kebutuhan target kelompok pengguna sasaran, (3) dampak inovasi media diseminasi informasi dalam pelayanan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor yang dihadapi yaitu secara keseluruhan penelitian ini menemukan iklim Inovasi dan komunikasi yang positif. Sementara itu program kreatif dan inovatif yang terjadi didukung karena adanya kebutuhan seprti tindakan inovasi dan komunikasi yang dipengaruhi oleh lingkungan saaat pandemi. Kemudian untuk aspek mengkomunikasikan inovasi media diseminasi informasi Iptek pertanian sudah dilakukan kajian dan dinyatakan berhasil atau cukup baik. Namun hasil menujukkan perlu bertahan serta peningkatan layanan agar kepuasan pengguna sesuai dengan harapan bahkan melebihi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: innovation; Information Dissemination Media; services; library
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jun 2023 10:40
Last Modified: 21 Jun 2023 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum