HUBUNGAN RELIGIUSITAS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SEKOLAH ISLAM SWASTA DI KOTA YOGYAKARTA

Miftahul Rizki, NIM.: 18200010139 (2022) HUBUNGAN RELIGIUSITAS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SEKOLAH ISLAM SWASTA DI KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN RELIGIUSITAS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SEKOLAH ISLAM SWASTA DI KOTA YOGYAKARTA)
18200010139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN RELIGIUSITAS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SEKOLAH ISLAM SWASTA DI KOTA YOGYAKARTA)
18200010139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama pada penelitian ini ialah secara parsial untuk mengetahui adakah hubungan antara religiusitas dengan kenakalan remaja, adakah hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kenakalan remaja serta adakah korelasi antara keharmonisan keluarga dengan kenakalan remaja. Secara simultan guna mengetahui apakah antara religiusitas, interaksi teman sebaya dan keharmonisan keluarga mempunyai hubungan dengan kenakalan remaja. Untuk mengetahui hasil dari tujuan penelitian tersebut, maka dalam tesis ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam pengumpulan datanya di lapangan memakai kuesioner dengan skala Likert yang di dalamnya terdapat empat alternatif pilihan jawaban yang memuat pernyataan Farouvable dan Unfarouvable. Untuk mempercepat peneliti, proses pemungutan data kuesioner disebar dengan bantuan Google Form. Dimana dalam pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Selanjutnya pada riset ini memakai analisis regresi linear berganda serta juga untuk mempermudah perhitungan dalam analisis data, menggunakan program Sofware komputer IBM SPSS Statistik versi 26.0 Hasil riset yang didapatkan mengungkapkan bahwa: Pertama, secara bersama-sama antara variabel religiusitas, interaksi teman sebaya, keharmonisan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan kenakalan remaja pada sekolah islam swasta di kota Yogyakarta. Hasil tersebut dilihat dari perhitungan sebesar 33,266 > sebesar 2,71. Maka hipotesis mayor diterima. Kedua, secara parsial menyatakan bahwa: 1). Ada hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas (X1) dengan kenakalan remaja yang bisa dilihat pada hasil perhitungan dari nilai sebesar -3,651 > sebesar 1,986 dengan taraf signifikan sebesar. 0,000 di bawah 0,05. 2). Ada hubungan positif namun tidak signifikan antara interaksi teman sebaya (X2) dengan kenakalan remaja hal ini dapat dilihat dari nilai sebesar 492 > nilai sebesar 1,986 dengan nilai taraf signifikan sebesar 624 lebih besar dari 0,05. 3). Ada hubungan negatif yang signifikan antara keharmonisan keluarga (X3) dengan kenakalan remaja, dapat dilihat dari hasil perhitungan dari nilai sebesar -3,756 lebih besar dari nilai sebesar 1,986 dengan nilai taraf signifkan sebesar 0,000 dibawah 0,05. Dengan begitu hasil dari uji T menunjukkan semua hipotesis baik mayor maupun minor diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Erika Setyanti kusuma, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: religiuistas; interaksi teman sebaya; keharmonisan keluarga; kenakalan remaja
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:19
Last Modified: 03 Jul 2023 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum