BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Erika Nurliawati, NIM.: 19102020059 (2023) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
19102020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
19102020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fase kehidupan remaja yang sedang dalam masa pencarian jati diri. Pada fase ini terkadang remaja rentan menghadapi berbagai pengaruh maupun tekanan dari teman sebayanya. Pengaruh dan tekanan tersebut tidak jarang dapat berupa hal-hal negatif yang nantinya akan membawa dampak buruk bagi diri remaja. Namun, sebagian besar dari mereka enggan bersikap asertif untuk menolak atau menyampaikan perasaannya dengan baik. Sehingga mereka gagal dalam membuat batasan diri yang jelas dan pada akhirnya terbelenggu dengan perasaan tidak enak hanya karena mempertahankan diri agar eksistensinya diakui oleh lingkungan pergaulannya. Maka dari itu dibutuhkan suatu wadah untuk memfasilitasi remaja untuk meningkatkan perilaku asertifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini diantaranya adalah guru bimbingan dan konseling dan enam siswa kelas IX. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa terdiri dari empat tahap yakni tahap pembentukkan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Reza Mina Pahlewi, M. A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Perilaku Asertif, Siswa
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jun 2023 15:25
Last Modified: 23 Jun 2023 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum