PERAN KELOMPOK TERNAK SAPI “ SAPIKU” DALAM MEMBERDAYAKAN PETERNAK SAPI DI DUSUN BLADO KAPANEWON PURWOSARI GUNUNGKIDUL

Muhammad Imaduddin Fanani, NIM.: 19102030042 (2023) PERAN KELOMPOK TERNAK SAPI “ SAPIKU” DALAM MEMBERDAYAKAN PETERNAK SAPI DI DUSUN BLADO KAPANEWON PURWOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK TERNAK SAPI “ SAPIKU” DALAM MEMBERDAYAKAN PETERNAK SAPI DI DUSUN BLADO KAPANEWON PURWOSARI GUNUNGKIDUL)
19102030042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK TERNAK SAPI “ SAPIKU” DALAM MEMBERDAYAKAN PETERNAK SAPI DI DUSUN BLADO KAPANEWON PURWOSARI GUNUNGKIDUL)
19102030042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dimana sebagian besar penduduknya merupakan bermata pencaharian yang berasal dari sektor peternakan dan pertanian, dalam beberapa tahun terakhir konsumsi daging di Indonesia terus meningkat, namun pertumbuhan produksi daging sapi yang dikelola oleh para peternak belum bisa menutupi kebutuhan daging nasional. Salah satu cara untuk mengatasi permaslahan tersebut ialah dengan pembuatan paguyuban atau kelompok yang berfokus terhadap budidaya ternak sapi. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu penyumbang pasokan daging sapi terbesar di provinsi Yogyakarta dengan jumlah sebanyak 154.207 populasi. Salah satu kelompok ternak sapi yang produktiv adalah kelompok ternak sapi “Sapiku” yang berada pada Dusun Blado Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunungkidul. Masyarakat berinisiatif untuk membuat kelompok ternak sapi agar pengelolaan serta pembudidayaan sapi bisa berjalan dengan maksimal serta berdampak bagi kemajuan ekonomi masyarakat. Tujuan Penelitian ini ialah mengetahui Peran yang dilakukan kelomok ternak sapi sapiku dalam memberdayakan peternak sapi serta mengetahui dampak dari adanya peran tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, Data dianalisis dengan melewati pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok ternak sapi sapiku dalam memberdayakan peternak sapi melalui beberapa peran yaitu peran membuat kelas belajar, kemudian peran sebagai unit produksi, peran sebagai unit usaha serta peran sebagai wahana kerjasama. Dan dampak dari adanya peran tersebut ialah meingkatnya ekonomi masyaarakat, mengurangi pengangguran, menambah budaya gotong royong, menjadikan dusun lebih bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Ternak, Pemberdayaan Masyarakat, Peternak
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:01
Last Modified: 26 Jun 2023 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum