DILEMA PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM KELUARGA DAN PELUANG TERJADINYA KONFLIK: STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH PABRIK DESA KLEPU KEC. KRANGGAN KAB. TEMANGGUNG

Dwi Cahyani, NIM.: 19102050027 (2023) DILEMA PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM KELUARGA DAN PELUANG TERJADINYA KONFLIK: STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH PABRIK DESA KLEPU KEC. KRANGGAN KAB. TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DILEMA PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM KELUARGA DAN PELUANG TERJADINYA KONFLIK: STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH PABRIK DESA KLEPU KEC. KRANGGAN KAB. TEMANGGUNG)
19102050027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DILEMA PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM KELUARGA DAN PELUANG TERJADINYA KONFLIK: STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH PABRIK DESA KLEPU KEC. KRANGGAN KAB. TEMANGGUNG)
19102050027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran perempuan kini telah mengalami pergeseran dari peran yang hanya berada pada ranah domestik bergeser ke ranah publik atau luar rumah, dalam artian perempuan ikut andil dalam dunia kerja. Fenomena peran ganda dan kontribusi peran dengan adanya perempuan bekerja dapat dilihat di wilayah industri Desa Klepu Kecamatan Kranggan Temanggung. Peran kaum perempuan yang ikut andil dalam dunia kerja sering dikaitkan dengan faktor internal dan eksternal, yaitu bentuk aktualisasi diri dan keadaan ekonomi rumah tangganya. Adanya peran yang lebih dari satu dari pekerja perempuan, direntankan terjadi konflik peran yang memicu adanya stress dan tekanan mental dimana mereka juga dituntut untuk mencapai target dalam pekerjaannya, mereka juga memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam peran utamanya sebagai ibu rumah tangga dan seorang istri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran ganda perempuan buruh pabrik yang ada di Desa Klepu yang menjadikan mereka melakukan peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan juga sebagai perempuan buruh pabrik dan untuk mengetahui bagaimana peluang terjadinya konflik peran ganda yang dapat mengakibatkan adanya tingkat stress dan konflik dalam keluarga pada perempuan buruh pabrik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dimana penelitian ini berupaya untuk membuat deskripsi mengenai penelitian yang dilakukan dengan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan langkah-langkah mereduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan juga verifikasi. Sedangkan teknik validitas data yang digunakan adalah menggunakan trianggulasi data (trianggulasi sumber). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran ganda pada perempuan buruh pabrik Desa Klepu Kecamatan Kranggan Temanggung ini dilatarbelakangi oleh keadaan ekonomi keluarga yang memerlukan bantuan peran perempuan sebagai ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dan dalam peran ganda yang dilakukan perempuan buruh pabrik sekaligus ibu rumah tangga ini mereka melakukan dengan suka rela demi memenuhi kebutuhan keluarganya. (2) Peran ganda yang dialami oleh perempuan buruh pabrik yang memang pada dasarnya mendapatkan dukungan sosial dari keluarganya akan meminimalkan adanya tingkat stress dan peluang untuk terjadinya konflik peran dalam keluarga. Namun beberapa perempuan buruh pabrik mengalami konflik dalam pembagian waktu antara peran domestik dan peran publik yang memiliki tuntutan seperti target pekerjaan. Rekomendasi pada penelitian ini adalah adanya pembagian waktu dan peran yang baik demi terciptanya peran ganda yang mampu menciptakan kestabilan dalam keluarga tanpa menimbulkan adanya konflik peran pada perempuan buruh pabrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, M. A.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Buruh Pabrik, Konflik, Stress.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jun 2023 10:13
Last Modified: 27 Jun 2023 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum