PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIKR) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL REMAJA (Studi di Dongkelan, Sidorejo, Godean, Sleman)

Abdul Aziz, NIM.: 16250071 (2023) PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIKR) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL REMAJA (Studi di Dongkelan, Sidorejo, Godean, Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIKR) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL REMAJA (Studi di Dongkelan, Sidorejo, Godean, Sleman))
16250071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIKR) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL REMAJA (Studi di Dongkelan, Sidorejo, Godean, Sleman))
16250071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial remaja dan peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang berada di padukuhan Dongkelan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku sosial dan teori peran. Sementara metode yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sosial remaja di Dongkelan terdiri dari bentuk perilaku sosial remaja, aspek-aspek perilaku sosial, dan faktor yang mempengaruhi pembetukan perilaku sosial remaja. Bentuk perilaku sosial meliputi perilaku sosial (social behavior), perilaku yang kurang sosial (under social behavior), dan perilaku terlalu sosial (over social behavior). Aspek-aspek perilaku sosial terdiri dari perilaku berbagi, menolong, kerjasama, bertindak jujur, dan berderma. Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial remaja yaitu faktor keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat. Peran PIK-R sendiri berperan sebagai wadah bagi remaja supaya remaja memiliki wadah untuk berperilaku positif bagi diri sendiri, teman sebaya dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag.,M,Si
Uncontrolled Keywords: perilaku sosial; Peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:59
Last Modified: 27 Jun 2023 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum