PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI (Persepsi Orang Tua dan Guru di RA Masyithoh Sucenjurutengah Bayan Purworejo)

Isnaini Dwi Yuniati, NIM.: 16430028 (2023) PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI (Persepsi Orang Tua dan Guru di RA Masyithoh Sucenjurutengah Bayan Purworejo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI)
16430028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI (Persepsi Orang Tua dan Guru di RA Masyithoh Sucenjurutengah Bayan Purworejo))
16430028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Untuk memutus mata rantainya, diperlukan kebersihan diri dan daya tahan tubuh yang baik bagi seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu penting untuk menerapkan PHBS sedari dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan PHBS serta pembelajaran PHBS yang dilakukan hybrid antara daring serta luring. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui PHBS anak usia 4-6 tahun pada masa pandemi menurut persepsi orang tua dan guru. (2) Untuk mengetahui PHBS anak usia 4-6 tahun pada pascapandemi menurut persepsi orang tua dan guru (3) Untuk mengetahui perbedaan persepsi orang tua dan guru terhadap PHBS anak usia 4-6 tahun pada masa pandemi dan pascapandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua anak RA Masyithoh yang berjumlah 58 orang pada masa pandemi dan pascapandemi serta guru kelas yang berjumlah 4 orang. Objek yang diteliti adalah persepsi orang tua dan guru terhadap PHBS anak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada masa pandemi PHBS anak di sekolah menurut persepsi guru lebih baik daripada di rumah menurut persepsi orang tua karena didukung oleh aturan, kegiatan, fasilitas, teman sejawat, dan pemahaman guru dalam ilmu psikologi anak. (2) Pada masa pascapandemi PHBS anak masih diterapkan meskipun banyak yang perlu ditingkatkan. (3) PHBS anak pada pascapandemi masih diterapkan meski tidak sebaik pada masa pandemi. Hal itu karena kebijakan pemerintah yang melonggar. Maka dari itu kerjasama antara peran orang tua, sekolah, masyarakat, dan pemerintah yang gencar serta sungguh-sungguh efektif dalam menerapkan PHBS pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); anak usia dini; persepsi; orang tua; guru
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:41
Last Modified: 03 Jul 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum