PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN RISET PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY (STUDI KASUS: IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DIY PERIODE 2021-2023)

Izzatul Himmah, NIM.: 19107020019 (2023) PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN RISET PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY (STUDI KASUS: IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DIY PERIODE 2021-2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN RISET PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY (STUDI KASUS: IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DIY PERIODE 2021-2023))
19107020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN RISET PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY (STUDI KASUS: IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DIY PERIODE 2021-2023))
19107020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan potensi masyarakat merupakan suatu langkah guna memberdayakan dan mengembangkan kemampuan/potensi individu-individu. Salah satu sarana untuk memulai sebuah perubahan adalah mengembangkan potensi suatu masyarakat. Pengembangan potensi masyarakat ini dapat dimulai dari kelompok kecil dalam suatu masyarakat. Ikatan Pelajar Muhammadiyah di DIY menjadi salah satu organisasi yang memiliki arah gerak untuk mengembangkan potensi masyarakatnya. Ikatan Pelajar Muhammadiyah di DIY menggunakan riset pendekatan Appreciative Inquiry untuk menentukan langkah konkrit dalam proses pengembangan potensi masyarakatnya. Dari fenomena tersebut, munculah pertanyaan mengenai bagaimana proses dan tahapan dari proses pengembangan potensi masyarakat Ikatan Pelajar Muhammadiyah di DIY menggunakan riset pendekatan Appreciative Inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pendekatan Appreciative Inquiry pada pengembangan potensi masyarakat di organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah DIY. Penelitian ini menggunakan Teori Scientific Management untuk mengulas hasil dari pendekatan Appreciative Inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mengedepankan data-data primer dan sekunder untuk mendeskripsikan hasil temuan. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan penelaahan dokumen/arsip. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan Appreciative Inquiry digunakan IPM di DIY untuk memberikan eksplorasi dari kemajemukan potensi masyarakat IPM kemudian diolah menjadi horizon pengembangan organisasi dan pengembangan potensi mayarakat. Pendekatan Appreciative Inquiry digunakan oleh IPM di DIY sebagai alat untuk meningkatkan kualitas organisasi. keberhasilan atas peningkatan kualitas organisasi IPM di DIY ditandai dengan program-program kerja yang didasarkan pada potensi dan kebutuhan masyarakat. Kemudian, efektifitas kerja organisasi mempengaruhi hasil dan kualitas program kerja yang disusun. Hal ini berkaitan dengan peningkatan produktifitas organiasai IPM di DIY untuk mengembangkan potensi masyarakat yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Potensi, Appreciative Inquiry, IPM
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:27
Last Modified: 04 Jul 2023 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum