ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH

Kun Faizah Indarwirawan, NIM.: 19104060047 (2023) ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH)
19104060047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH)
19104060047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi guru kimia mengenai pembelajaran inklusif diperlukan untuk mewujudkan pendidikan untuk semua. Tingkat kompetensi guru-guru kimia perlu diinvestigasi untuk menganalisis sejauh mana mereka memahami makna pendidikan inklusif serta mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Studi ini difokuskan pada kompetensi guru-guru kimia SMA dan MA di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah dalam merancang pembelajaran inklusif mengacu pada dua kerangka kerja yaitu, TPACK dan UDL. Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai desain penelitian dan sebanyak 37 orang guru kimia dilibatkan untuk mengisi kuesioner serta 6 orang diantaranya diwawancarai secara mendalam. Data yang diperoleh dari isian kuesioner dianalisis menggunakan SmartPLS sedangkan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari path coefficient diketahui mayoritas jalur TPACK-UDL tidak signifikan kecuali PCK (Pedagogical Content Knowledge) sehingga indikator ini sangat penting untuk mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan hasil wawancara menggambarkan hanya ada satu guru yang mempertimbangankan penggunaan teknologi ke dalam pembelajaran khususnya untuk bantuan praktikum dengan menggunakan aplikasi chemlab. Mengenai pembelajaran inklusif, guru-guru kimia di SMA/MA Kebumen memiliki perspektif yang positif tentang pembelajaran untuk anak dengan disabilitas, hanya saja mereka tidak memiliki bekal kemampuan yang baik untuk mendesain dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran inklusif. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pelatihan ke guru-guru kimia tentang pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, termasuk bagaimana merancang pembelajaran yang mendukung semua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inklusif, Tpack, Udl, Guru Kimia, Smartpls
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan Kimia
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:42
Last Modified: 05 Jul 2023 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum