ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Nikmah Dwi Wulandari, NIM.: 19104080080 (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI)
19104080080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI)
19104080080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan implementasi Kurikulum Merdeka khsuusnya melalui Program Sekolah Penggerak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memahami bagaimana kondisi suatu objek sasaran yang dituangkan melalui deskripsi kata-kata secara rinci dan mendalam tentang kejadian yang ada di lapangan dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru terkait kurikulum, guru kelas, dan perwakilan siswa. Dalam penelitian ini, peneliti hendak mengetahui dan mendapatkan gambaran nyata sehari-hari yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan siswa terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan teknik Miles & Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang didapatkan dilakukan pengecekkan keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari merupakan salah satu sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2021. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah ini mengalami beberapa kali revisi dan perbaikan seiring dengan panduan implementasi kurikulum merdeka dari pusat yang final revisi pada tahun 2022. Adapun komponen-komponen kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari meliputi karakteristik satuan pendidikan yang menjelaskan tentang karakteristik pendidik dan tenaga kependidikan, karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana, sosial budaya dan kemitraan yang dibangun oleh sekolah. Selain itu sekolah memiliki visi, misi dan tujuan yang hendak diwujudkan dalam jangka waktu pendek maupun panjang (4 tahun). Pengorganisasian pembelajaran di SD Muhammadiyah meliputi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler (projek penguatan profil pelajar Pancasila) dan kegiatan ekstrakurikuler. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan menganalisis Capaian Pembelajaran, merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan menyusun modul ajar dan merancang asesmen. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan asesmen awal/diagnostik, modifikasi rencana pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran dan asesmen, asesmen akhir pembelajaran. Kegiatan pendampingan evaluasi dan pengembangan profesional diawali dengan evaluasi pembelajaran dengan cara mengolah hasil asesmen dalam satu tujuan pembelajaran, kemudian capaian tujuan pembelajaran tadi diolah menjadi nilai akhir, yang kemudian dilakukan pelaporan hasil belajar. Evaluasi kurikulum operasional satuan pendidikan dilakukan dengan cara refleksi diri pendidik, refleksi sesama pendidik, refleksi oleh kepala sekolah, dan refleksi oleh peserta didik. Pendampingan dan pengembangan profesional di sekolah ini dilakukan dengan supervisi, kelompok kerja guru (KKG), In-House Training (IHT) dan Focus Group Discussion (FGD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:08
Last Modified: 05 Jul 2023 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum