KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMA PENGHAFAL AL QUR’AN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL

Shinta Sukmawati, NIM.: 17107010041 (2023) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMA PENGHAFAL AL QUR’AN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMA PENGHAFAL AL QUR’AN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL)
17107010041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMA PENGHAFAL AL QUR’AN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL)
17107010041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SMA penghafal Al Qur’an memiliki tantangan menjaga kesejahteraan psikologisnya dalam proses menghafal Al Qur'an sekaligus bersekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada siswa penghafal Al Qur’an di SMA IT Abu Bakar dan SMA IT Baitussalam. Subjek penelitian berjumlah 103 siswi putri yang sedang menyelesaikan hafalan 30 juz. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala yang semuanya dimodifikasi. Skala kesejahteraan psikologis dimodifikasi dari skala yang disusun Mintarsih (2015) berdasarkan teori yang dirumuskan oleh Ryff (1995), skala religiusitas dimodifikasi dari skala yang disusun oleh Shofiyatunnisa (2017) berdasarkan teori yang dirumuskan oleh Glock & Stark , dan skala dukungan sosial dimodifikasi dari skala yang disusun oleh Sepfitri (2011) berdasarkan teori Sarafino (2002). Hasil analisis data dengan regresi berganda menjelaskan ada hubungan signifikan antara religiusitas dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis remaja penghafal Al Qur’an. Sumbangan efektif simultan dua variabel bebas terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 52,6%. Adapun sumbangan parsial religiusitas sebesar 26,9%, dan sumbangan parsial dukungan sosial sebesar 25,7%. Hasil ini dapat menjadi pertimbangan untuk kebutuhan perancangan program pendampingan/intervensi untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja penghafal Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sabiqotul Husna, S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: psychological well-being; religiosity; social support; highschool students; the memorizer of Qur'an
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2023 14:34
Last Modified: 05 Jul 2023 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59553

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum