INTER-ETHNIC RELATIONS DAN HARMONI SOSIAL MAHASISWA PAPUA DI YOGYAKARTA: STUDI KASUS PEMBELAJARAN DI PESAN-TREND ILMU GIRI DESA KEBANGSAAN IMOGIRI

Muhammad Shofiyyul Muna, NIM.: 19200012008 (2023) INTER-ETHNIC RELATIONS DAN HARMONI SOSIAL MAHASISWA PAPUA DI YOGYAKARTA: STUDI KASUS PEMBELAJARAN DI PESAN-TREND ILMU GIRI DESA KEBANGSAAN IMOGIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTER-ETHNIC RELATIONS DAN HARMONI SOSIAL MAHASISWA PAPUA DI YOGYAKARTA: STUDI KASUS PEMBELAJARAN DI PESAN-TREND ILMU GIRI DESA KEBANGSAAN IMOGIRI)
19200012008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTER-ETHNIC RELATIONS DAN HARMONI SOSIAL MAHASISWA PAPUA DI YOGYAKARTA: STUDI KASUS PEMBELAJARAN DI PESAN-TREND ILMU GIRI DESA KEBANGSAAN IMOGIRI)
19200012008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

pengakuan dan sikap saling menghargai terhadap eksistensi kelompok minoritas (out-group) menyebabkan adanya stereotype dan perlakuan diskriminatif pada komunitas tertentu. Hal ini memicu timbulnya kesalahpahaman persepsi dan ketidakseimbangan kekuatan yang mengakibatkan gegar budaya (shock culture) di dalam kehidupan masyarakat. Dalam konteks tersebut, penelitian ini melihat adanya fenomena bentuk perubahan perilaku mahasiswa Papua di Pesan-Trend Ilmu Giri Yogyakarta pasca mengalami stereotype dan perlakuan diskriminatif. Untuk melihat fenomena tersebut secara ilmiah, penelitian ini mengidentifikasinya melalui pendekatan pembelajaran berbasis kearifan budaya (cultural wisdom) dan lingkungan (environmental wisdom). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji inter-ethnic relations dan harmoni sosial mahasiswa Papua di Yogyakarta dengan menyingkap studi kasus pembelajaran di Pesan-Trend Ilmu Giri Desa Kebangsaan Imogiri Yogyakarta yang memiliki keunikan tersendiri. Pendekatan psikologis dengan konsep teoritis Behavioristik B. F. Skinner dan konsep konflik segitiga ABC (the conflict triangle) Johan Galtung digunakan untuk memahami bagaimana sebuah konflik dipandang sebagai pola integrasi yang memberikan dampak positif terhadap transformasi perilaku, sikap, dan perubahan sosial terhadap komunitas Mahasiswa Papua di Yogyakarta dalam membangun inter-ethnic relations dan untuk mewujudkan keindahan harmoni sosial sesuai dengan pendekatan konflik dan peacebuilding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif-analitik dan teknik pengumpulan data seperti observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi terhadap mahasiswa Papua dan Pesan-Trend Ilmu Giri. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa pembelajaran di Pesan-Trend Ilmu Giri memiliki pelbagai keunikan serta adanya implentasi pembelajaran yang mencakup materi, metode dan kurikulum yang berbeda dengan lembaga-lembaga lainnya, (yaitu melalui pendekatan berbasis kearifan kebudayaan-lingkungan, strategi kepemimpinan lingkungan, serta gagasan keberagamaan yang sesuai dengan keyakinan penganutnya) mampu memberikan kontruksi perubahan perilaku yang positif demi mewujudkan interaksi, komunikasi dan harmoni sosial terhadap mahasiswa Papua di Yogyakarta. Penelitian ini juga menegaskan bahwa terdapat performance kondisi psikologis yaitu adanya transformative sikap dan perilaku mahasiswa Papua di Yogyakarta yang didasari oleh aspek-aspek nasionalisme dan patriotisme untuk mencapai taraf kesejahteraan hidup setelah mengikuti pembelajaran di Pesan-Trend Ilmu Giri. Penelitian ini berkontribusi pada kajian psiko-sosial dan Pendidikan kebudayaan di Pesan-Trend Ilmu Giri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ita Rodiah M. Hum
Uncontrolled Keywords: Stereotype, Perubahan Perilaku, Harmoni Sosial, Pesan-Trend Ilmu Giri.
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Sosial, Interaksi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:55
Last Modified: 06 Jul 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum