HITS CULTURE GAYA HIDUP KEKINIAN ANAK MUDA SUB URBAN MUSLIM PADA ERA DIGITAL DI KABUPATEN PURWOREJO

Wiwik Mulyani, NIM.: 21200011051 (2023) HITS CULTURE GAYA HIDUP KEKINIAN ANAK MUDA SUB URBAN MUSLIM PADA ERA DIGITAL DI KABUPATEN PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HITS CULTURE GAYA HIDUP KEKINIAN ANAK MUDA SUB URBAN MUSLIM PADA ERA DIGITAL DI KABUPATEN PURWOREJO)
21200011051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HITS CULTURE GAYA HIDUP KEKINIAN ANAK MUDA SUB URBAN MUSLIM PADA ERA DIGITAL DI KABUPATEN PURWOREJO)
21200011051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji perjumpaan budaya populer dengan kode-kode etik pergaulan di kalangan anak muda sub urban yang ada di Kabupaten Purworejo. Elemen budaya populer seperti lagu dan drama korea maupun pakaian kekinian menjadi wasilah mereka dalam konsumsi budaya global. Kondisi semacam ini dapat dijumpai pada kalangan anak muda sub urban di Kabupaten Purworejo yang diteliti dalam tesis ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengurai hal-hal yang membuat anak muda di Purworejo berpartisipasi dalam konsumsi budaya populer. Penelitian ini juga berupaya mendeskripsikan konteks yang melatarbelakangi anak muda di Purworejo mengkonsumsi budaya populer. Selain itu, penelitian ini juga mencoba untuk menggali alasan anak muda sub-urbanan berlomba-lomba dalam gaya hidup kekinian Penelitian ini diletakkan dalam kajian anak muda dan budaya populer. Data yang diperoleh pada tesis ini dipaparkan dengan menggunakan metode story telling, dengan mengembangkan pandangan Pam Nilan dan Carles Feixa terkait anak muda yang menegosiasikan bentuk identitas pribadi dengan kelompoknya dalam suatu globalisasi. Pembidikan tidak hanya sebatas melihat pengalaman hidup informan, melainkan menggunakan laporan kehidupan keseharian mereka dalam menganalisis wacana yang terjadi, setelah itu dieksplorasi secara intratekstual dan intertekstual. Tesis ini menunjukkan bahwa anak muda di su-urban berusaha untuk berpartisipasi dalam konsumsi budaya global melalui berbagai macam cara seperti bekerja part time, berhutang, mengurangi uang jajan untuk kebutuhan skincare dan kosmetik, serta meminta uang tambahan dari orang tuanya. Anak muda merupakan bagian integral dari siklus budaya yang menginspirasi terciptanya produk budaya baru. Mereka berupaya menegosiasikan identitas mereka melalui partisipasi terhadal budaya populer global.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Najib Kailani S. Fil. I., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anak Muda, Gaya Hidup, Budaya Populer
Subjects: Gaya Hidup
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 11:04
Last Modified: 06 Jul 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum