PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM

Khusnul Khotimah, NIM.: 21204081003 (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM)
21204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM)
21204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir peserta didik dan keterbatasan bahan ajar pendamping. Berdasarkan analisis yang peneliti peroleh rendahnya kemampuan berpikir peserta didik didasari oleh rendahnya minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika serta kurangnya latihan secara berkala yang diberikan pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) menghasilkan bahan ajar alternatif matematika berupa modul ajar, 2) menguji kelayakan modul matematika berbasis high order thinking skill terintegrasi nilai spiritual, 3) membuktikan apakah penerapan modul matematika berbasis HOTS terintegrasi nilai spiritual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Islam Daarul Huda. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development menggunakan model ADDIE. 1) Analysi, melakukan analisis kebutuhan peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis karakter peserta didik. 2) Design, membuat draft serta mendesain modul menggunakan aplikasi coreldraw dan canva. 3) Development, kegiatan pengembangan produk yang diujikan kepada ahli media, ahli materi, peer review dan respon pendidik sebagai bahan masukkan dan evaluasi. 4) Implementation, menerapkan modul matematika yang dilakukan di SD Islam Daarul Huda dengan jumlah peserta didik sebanyak 36. 5) Evaluation, hasil keseluruhan dari pengembangan produk, penerapan dan kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) modul matematika berbasis high order thinking skill terintegrasi nilai spiritual yang dikemas dalam bentuk cetak terdiri dari petunjuk penggunaan, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, soal latihan, xiv evaluasi, profil, dan referensi. (2) Modul matematika yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran matematika berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan nilai 84%, ahli media sebesar 84%, peer review sebesar 95% dan respon pendidik sebesar 84%. (3) Modul matematika berbasis high order thinking skill terintegrasi nilai spiritual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan dibuktikannya perolehan nilai sig. (2 tiled) sebesar 0,000<0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari perolehan perbandingan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat pretest 31,00 dan posttest 63,80. Hasil tersebut menunjukan kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukan perbedaan yang meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti fatonah, S,Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul; kemampuan berpikir tingkat tinggi; nilai spiritual; berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 15:23
Last Modified: 07 Jul 2023 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum