RELEVANSI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM KITAB BUDURU AS-SA’ADAH FI BAYANI MA YUTLAB ‘INDA AN-NIKAH WA AL-HAML WA AL-MAULUD WA AL-WILADAH DENGAN PERAN GANDA ISTRI (STUDI KELUARGA MUSLIM DI DESA BLEBERAN)

Muhammad Royhan Assaiq, NIM.: 19103050069 (2023) RELEVANSI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM KITAB BUDURU AS-SA’ADAH FI BAYANI MA YUTLAB ‘INDA AN-NIKAH WA AL-HAML WA AL-MAULUD WA AL-WILADAH DENGAN PERAN GANDA ISTRI (STUDI KELUARGA MUSLIM DI DESA BLEBERAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM KITAB BUDŪRU AS-SA’ĀDAH FĪ BAYĀNI MĀ YUṬLAB ‘INDA AN-NIKAḤ WA AL-ḤAML WA AL-MAULUD WA AL-WILĀDAH DENGAN PERAN GANDA ISTRI (STUDI KELUARGA MUSLIM DI DESA BLEBERAN))
19103050069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM KITAB BUDŪRU AS-SA’ĀDAH FĪ BAYĀNI MĀ YUṬLAB ‘INDA AN-NIKAḤ WA AL-ḤAML WA AL-MAULUD WA AL-WILĀDAH DENGAN PERAN GANDA ISTRI (STUDI KELUARGA MUSLIM DI DESA BLEBERAN))
19103050069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah. Konsep hak dan kewajiban suami yang terdapat dalam kitab Budūru As-Sa‘ādah Fī Bayāni Mā Yuṭlab ‘Inda An-Nikaḥ wa Al-Ḥaml wa Al-Maulud wa Al-Wilādah, dalam kitab tersebut kewajiban memenuhi nafkah merupakan kewajiban dari seorang suami. Akan tetapi, melihat fakta yang terjadi pada masa sekarang pihak perempuan atau istri juga turut terlibat dalam mencari nafkah untuk keluarga. Sehingga menyebabkan terjadinya peran ganda antara peran sebagai istri dalam pekerjaannya di sektor domestik dan peran sebagai pekerja dalam pekerjaannya di sektor publik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun tertarik untuk mengetahui bagaimana hak dan kewajiban dalam kitab Budūru As-Sa‘ādah Fī Bayāni Mā Yuṭlab ‘Inda An-Nikaḥ wa Al-Ḥaml wa Al-Maulud wa Al-Wilādah dan bagaimana relevansinya dengan peran ganda istri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang dilakukan pada peran ganda istri keluarga muslim di Desa Bleberan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik. Adapun sumber data didapat dari data primer dan sekunder, data primer yang digunakan subjek penelitiannya adalah kitab Budūru As-Sa‘ādah Fī Bayāni Mā Yuṭlab ‘Inda An-Nikaḥ wa Al-Ḥaml wa Al-Maulud wa Al-Wilādah dan objek penelitiannya adalah keluarga di Desa Bleberan yang berperan ganda. Adapun data sekunder didapat dari buku, jurnal, dan arsip data yang terkait dengan hak dan kewajiban suami istri serta peran ganda istri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yakni metode penelitian yang mengacu pada pengumpulan dan analisa data berupa perkataan dan perbuatan manusia. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, istri yang berperan ganda di Desa Bleberan disebabkan oleh faktor ekonomi dan faktor pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan keluarga serta mengaplikasikan keilmuannya. Kedua, hak dan kewajiban dalam kitab Budūru As-Sa‘ādah Fī Bayāni Mā Yuṭlab ‘Inda An-Nikaḥ wa Al-Ḥaml wa Al-Maulud wa Al-Wilādah dengan peran ganda istri yang menunjukkan istri telah mendapatkan izin dari suaminya untuk bekerja. Maka hal tersebut dapat menggugurkan kewajiban istri untuk tidak keluar rumah. Sehingga hak dan kewajiban suami istri dalam kitab tersebut menjadi relevan dengan peran ganda istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, MA
Uncontrolled Keywords: Relasi Suami Istri,Peran Ganda Istri, Hukum Keluarga
Subjects: Hukum Keluarga
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jul 2023 10:16
Last Modified: 10 Jul 2023 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum