MANAJEMEN PROGRAM KOMITE PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL INDONESIA (KPOTI) SUMATERA UTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK DI KOTA MEDAN Oleh: Sukri Agustian NIM: (21204091019) TESIS

Sukri Agustian, NIM.: 21204091019 (2023) MANAJEMEN PROGRAM KOMITE PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL INDONESIA (KPOTI) SUMATERA UTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK DI KOTA MEDAN Oleh: Sukri Agustian NIM: (21204091019) TESIS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM KOMITE PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL INDONESIA (KPOTI) SUMATERA UTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK DI KOTA MEDAN Oleh: Sukri Agustian NIM: (21204091019) TESIS)
21204091019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM KOMITE PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL INDONESIA (KPOTI) SUMATERA UTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK DI KOTA MEDAN Oleh: Sukri Agustian NIM: (21204091019) TESIS)
21204091019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti melihat rendahnya karakter cinta tanah air melaui permainan tradisional di kota medan. Data statistik kota Medan di tahun 2018 ada 45,3% Dari 3.264 siswa sekolah kecanduan bermain game online. Dampaknya anak semakin jauh meninggalkan warisan budaya indonesia salah satunya permainan tradisional. Untuk mengantisipasi dampak buruk yang disebabkan dari kecanduan game online pada anak dibutuhkan sebuah wadah yang menangani dan merangkul anak di kota Medan. KPOTI Sumut bekerjasama dengan pihak sekolah dalam membentuk karakter cinta tanah air anak di kota Medan melalui permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk Menganalisis Program (KPOTI) Sumatera Utara (2) Untuk Menemukan Konsep Manajemen Program (KPOTI) (3) untuk menganalisis dampak (hasil) dari program KPOTI dalam membentuk karakter cinta tanah air di kota Medan. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data Primer diperoleh dari informan yang memenuhi kriteria 3M (mengetahui, mengalami, memahami). Serta data sekunder berupa artikel ilmiah dan buku terkait tema. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi dan rekomendasi peneliti. Validasi data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) KPOTI memiliki tiga program dalam membentuk karakter cinta tanah air di Kota Medan (a) Program Pembentukan PANGKOTRAD (Pangkalan Olahraga Tradisional) di sekolah yang berfungsi sebagai wadah untuk pembentukan karakter siswa melalui permainan tradisional (b) Program Go To School yang bertujuan mensosialisasikan beberapa permainan tradisional (c) Program Penguatan Profil Pancasila melalui Permainan Tradisional yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dan menumbuhkan minat siswa melalui Hasta Karya. 2) Manajemen Program KPOTI di Kota Medan mengacu kepada teori manajemen yang dipopulerkan oleh George R. Terry yang meliputi Planning; analisis kebutuhan permainan tradisional Organizing; pembentukan panitia pelaksanaan Actuating; melaksanakan sosialisasi dan pameran permainan tradisional dan Controlling; KPOTI Melakukan pengawasan kegiatan. 3) Hasil manajemen Program KPOTI ini cukup berhasil membentuk karakter cinta tanah air anak di Kota Medan meskipun belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan peserta program menghayati nilai kerjasama, kebersamaan, toleran, bersikap jujur dan menghargai permainan tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen program; KPOTI Sumatera Utara; PANGKOTRAD; go to school
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:47
Last Modified: 11 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum