IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PROGRAM KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KABUPATEN SLEMAN

Toni Kurniawan, S.H., NIM.: 21200011041 (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PROGRAM KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PROGRAM KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KABUPATEN SLEMAN)
21200011041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PROGRAM KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KABUPATEN SLEMAN)
21200011041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh anak menjadi isu krusial yang patut dibahas, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya hak-hak anak yang belum terpenuhi, serta terjadinya tindak kekerasan dan eksploitasi terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses implementasi Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak melalui adanya kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Penelitian ini dinilai penting karena kebijakan KLA anak secara subtansial dan ideal dinilai dapat mengintegrasikan pemenuhan hak dan perlindungan anak di lintas sektor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan hasil analisis deskriptif, serta menggunakan teori implementasi kebijakan yang digagas Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn dan perspektif maqa>s{id al-syari>‘ah yang digagas oleh Asy-Syatibi. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa pertama, konsep dari penyelenggaraan perlindungan anak melalui program KLA di Kabupaten Sleman dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2020 bertujuan untuk mewujudkan dan melindungi hak-hak anak yang ada di Kabupaten Sleman, baik hak untuk hidup, berkembang, dan tumbuh. Konsep PERDA Nomor 10 Tahun 2020 meliputi berbagai poin, yaitu adanya definisi umum terkait anak, KLA, dan penyelenggaraan perlindungan anak, adanya dasar hukum yang menguatkan PERDA dan kebijakan KLA, adanya indikator yang dasar acuan dalam pengimplementasian KLA, adanya pembagian hak-hak anak yang mencakup lima klaster, serta adanya kewajiban dari berbagai stakeholder yang mendukung adanya program KLA di Kabupaten Sleman. Kedua, implementasi kebijakan PERDA Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak melalui program KLA di Kabupaten Sleman tidak terlepas dari enam variabel menurut Van Meter dan Van horn. Capaian KLA Sleman meskipun secara kurva terus mengalami kenaikan, tetapi pada tahun 2020 mengalami kendala dengan adanya pandemi Covid-19, di mana seluruh program dan anggaran yang disiapkan untuk program KLA, menjadi dialihkan untuk penanganan Covid-19. Selain itu, adanya pemenuhan hak anak melalui kebijakan KLA ini diharapkan tidak hanya menjadi tanggung jawab Organisasi Perangkat Daerah (OPD) leading sector (DP3AP2KB) saja, tetapi juga menjadi fokus dan tanggung jawab seluruh OPD di Kabupaten Sleman. Adapun penyelenggaraan perlindungan anak dalam konsep PERDA Nomor 10 Tahun 2020 dinilai telah sesuai dengan maqa>s}id al-syari>‘ah, karena didasarkan pada lima unsur pokok yang menjadi tujuan penetapan hukum. Meskipun dalam PERDA tersebut, hifz{ al-di>n dan hifz} al-ma>l mendapatkan porsi pengaturan yang lebih sedikit dibandingkan tiga unsur lainnya. Sehingga, harus ada porsi pengaturan berimbang dari kelima unsur tersebut, agar penyelenggaraan perlindungan anak dapat terlaksana dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Azis Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kabupaten/Kota Layak Anak; implementasi kebijakan; maqasid al-Syari‘ah; perlindungan anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kebijakan Publik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Islam, Pembangunan dan Kebijakan Publik
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2023 10:22
Last Modified: 11 Jul 2023 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum