ANAK MUDA DAN PENCARIAN IDENTITAS KEAGAMAAN (TREN KADER IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH DALAM PENGAJIAN SALAFI DI KOTA SURABAYA)

Datin Rafiliah, NIM.: 19205022049 (2023) ANAK MUDA DAN PENCARIAN IDENTITAS KEAGAMAAN (TREN KADER IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH DALAM PENGAJIAN SALAFI DI KOTA SURABAYA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANAK MUDA DAN PENCARIAN IDENTITAS KEAGAMAAN (TREN KADER IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH DALAM PENGAJIAN SALAFI DI KOTA SURABAYA))
19205022049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANAK MUDA DAN PENCARIAN IDENTITAS KEAGAMAAN (TREN KADER IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH DALAM PENGAJIAN SALAFI DI KOTA SURABAYA))
19205022049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tren pencarian identitas anak muda di tengah keberagaman paham keagamaan. Pencarian identitas agama tersebut didasarkan atas gagasan bahwa agama adalah kebutuhan spiritualitas yang menjadi pegangan utama dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini penting untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang aktif mengikuti kajian keagamaan kelompok salafi. Alasan peneliti mengkaji penelitian ini karena IMM sebagai kader muda Muhammadiyah seharusnya turut berperan menghidupkan kajian milik persyarikatan bukan justru beralih kepada kelompok diluarnya. Fokus penelitian ini lebih lanjut menjelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi kader IMM yang lebih tertarik dengan kegiatan keagamaan salafi dengan analisa teori konstruksi sosial Peter L Berger, serta menjelaskan respons struktural IMM Surabaya terhadap fenomena penetrasi salafi. Penelitian kualitatif ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketertarikan kader IMM terhadap kajian salafi disebabkan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal antara lain masifnya gerakan salafi melalui akses perkembangan teknologi dan informasi, serta interaksi sosial melalui pertemanan. Adapun faktor internal yang mempengaruhi berasal dari dinamika psikologis yakni timbulnya perasaan kagum atas kepribadian dan sikap religiusitas, serta perasaan aman karena telah menaruh kepercayaan atas dalil dan argumen yang dianggap benar sehingga merasa aman dalam beragama. Selain itu juga berasal dari latar belakang keagamaan keluarga, sikap seseorang dalam beragama, serta pemahaman keagamaan salafi terutama menyangkut ajaran aqidah tauhid. Adapun respons struktural IMM terhadap kader yang mengikuti kajian salafi diwujudkan melalui penerapan beberapa program diantaranya adalah: (1) membentuk Korps Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah (KM3), (2) membentuk Pelatihan Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah (PM3), (3) membuat laboratorium dakwah, (4) menyeleksi secara aktif ustaz atau mendata kembali mubalig Muhammadiyah, (5) menggiatkan kajian rutinan, (6) menguatkan ideologi melalui kegiatan napak tilas di tempat bersejarah, (7) mengemas kajian dakwah yang lebih kreatif dan inovatif, (8 ) mempromosikan channel Youtube Muhammadiyah kepada para kader dengan mengenalkan dai ternama dari kalangan persyarikatan. Berdasarkan temuan dari penelitian ini menguatkan, bahwa kebijakan program tersebut menjadi sebuah langkah strategis IMM dalam memberikan jawaban terhadap proses pencarian identitas kadernya di tengah keberagamaan paham keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Muhammadiyah, IMM, Salafi, Dakwah
Subjects: Islam dan Organisasi
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:09
Last Modified: 13 Jul 2023 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum