TELAAH ATAS RITUAL KALOMBA DI TENGAH PERUBAHAN SOSIAL (STUDI DESA TANAH TOWA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA PROV. SULAWESI SELATAN)

Syamsul Alam, S. Sos, NIM.: 20205022002 (2023) TELAAH ATAS RITUAL KALOMBA DI TENGAH PERUBAHAN SOSIAL (STUDI DESA TANAH TOWA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA PROV. SULAWESI SELATAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH ATAS RITUAL KALOMBA DI TENGAH PERUBAHAN SOSIAL (STUDI DESA TANAH TOWA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA PROV. SULAWESI SELATAN))
20205022002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TELAAH ATAS RITUAL KALOMBA DI TENGAH PERUBAHAN SOSIAL (STUDI DESA TANAH TOWA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA PROV. SULAWESI SELATAN))
20205022002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ritual kalomba yang selama ini dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat adat kajang di hadapkan dengan perubahan sosial, sehingga menjadi tantangan yang harus di jawab agar ritual tersebut tetap bertahan dalam pusaran perubahan. Kuatnya pengaruh yang berasal dari luar seperti ilmu pengetahuan, tekhnologi dan agama menjadi sesuatu yang sulit untuk di bendung sehingga dapat mempengaruhi ritual kalomba. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk perubahan dalam ritual kalomba. Untuk mengetahui perubahan dalam ritual kalomba, maka penelitian ini menggunakan teori Peter L Berger. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Adapun tekhnik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ritual kalomba yang merupakan hasil kreativitas masyarakat adat Kajang yang telah dilakukan secara turun temurun ternyata mengalami perubahan. Dengan kemampuannya masyarakat adat kajang melakukan taktik dan strategi dalam merespon perubahan sosial dengan cara melakukan presistensi. Ritual kalomba yang telah tertanam kuat merupakan hasil konstruksi masyarakat adat kajang telah mengalami transformasi dengan memberikan ruang terhadap agama yaitu islam sehingga menciptakan akulturasi budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Masroer, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Tradisi, Kalomba, Perubahan Sosial, Masyarakat Adat, Kajang
Subjects: Islam dan Tradisi
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:16
Last Modified: 13 Jul 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum