DINAMIKA IMPLEMENTASI ISLAMIC LEADERSHIP PADA PEMIMPIN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Multikasus Kepala Sekolah di MTs N 3 Sleman, MTs Miftahunnajah, dan SMP IT Bakti Insani Rentang Waktu 2019 – 2024)

Muhammad Ja’far Shodiq, NIM.: 20200011080 (2023) DINAMIKA IMPLEMENTASI ISLAMIC LEADERSHIP PADA PEMIMPIN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Multikasus Kepala Sekolah di MTs N 3 Sleman, MTs Miftahunnajah, dan SMP IT Bakti Insani Rentang Waktu 2019 – 2024). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA IMPLEMENTASI ISLAMIC LEADERSHIP PADA PEMIMPIN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Multikasus Kepala Sekolah di MTs N 3 Sleman, MTs Miftahunnajah, dan SMP IT Bakti Insani Rentang Waktu 2019 – 2024))
20200011080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA IMPLEMENTASI ISLAMIC LEADERSHIP PADA PEMIMPIN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Multikasus Kepala Sekolah di MTs N 3 Sleman, MTs Miftahunnajah, dan SMP IT Bakti Insani Rentang Waktu 2019 – 2024))
20200011080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah merupakan pemeran utama dalam proses keberhasilan lembaga pendidikan melalui kepribadian atau sikap yang diterapkan. Sebagai penggerak di bidang pendidikan Islam, tentu mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan seluruh potensi warga madrasah dan ketercapaian tujuan bersama menuju insan kamil dengan penerapan nilai-nilai Islam yang bersumber pada Al- Qur’an dan Hadits. Dalam praktiknya, setiap kepala madrasah memiliki cara dan strategi masing-masing yang berbeda dalam mengelola lembaganya. Terlebih lagi, kendala-kendala dan masalah yang dialami juga berbedabeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika implementasi Islamic leadership pada pemimpin pendidikan beserta faktor-faktor yang muncul dalam implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain multikasus. Unit analisis terdiri dari 7 narasumber dengan rincian (Kepala madrasah dan 2 wakil kepala MTs N 3 Sleman), (Kepala madrasah dan guru SKI MTs Mifathunnajah), dan (Kepala sekolah dan guru IPA SMP IT Bakti Insani). Prosedur pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi untuk menambah kelengkapan data. Sementara peneliti menggunakan aplikasi NVivo sebagai pengolah data yang bertujuan untuk meningkatkan validitas dan objektivitas penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator strategi islah dan itqan di 3 lokasi sangat variatif mulai terlihat kegiatan muhasabah, sikap istiqomah dan komitmen, hingga sikap cenderung yang saling mengingatkan, namun yang membedakan antara MTs N 3 Sleman dengan MTs Mifathunnajah dan SMP IT adalah berfokus untuk selalu melakukan monitoring. Dalam pengembangan values of Islam, uswatun hasanah, dan sikap self-improvement di 3 lokasi juga menerapkan strategi melalui pembiasaan sikap, menunjukkan sikap saling percaya, dan selalu tegur sapa serta menumbuhkan sikap ta’dzim terhadap siswa. Proses pembentukan dan penerapan empat komponen kepemimpinan Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain iklim dan kultur lembaga yang dipimpinnya, permasalahan yang dihadapi, dan tentunya karakteristik kepribadian seorang kepala. Faktor-faktor tersebut memberikan perbedaan pada cara dan strategi masing-masing kepala sehingga penerapan yang ditampilkan pun berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: dinamika implementasi; kepemimpinan Islam; kepala madrasah
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:34
Last Modified: 13 Jul 2023 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum