PERLINDUNGAN HAK-HAK PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN PERMA NO. 3 TAHUN 2017 DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA

Pitaloka Oktarina, S.H., NIM.: 21203011076 (2023) PERLINDUNGAN HAK-HAK PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN PERMA NO. 3 TAHUN 2017 DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HAK-HAK PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN PERMA NO. 3 TAHUN 2017 DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA)
21203011076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HAK-HAK PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN PERMA NO. 3 TAHUN 2017 DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA)
21203011076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya cerai gugat yang diajukan ke Pengadilan Agama Yogyakarta tidak berbanding lurus dengan perlindungan terhadap hak-hak perempuan. Hal ini menjadi perhatian khusus, apalagi perempuan yang bercerai membutuhkan perlindungan. Peneliti menemukan dua putusan yang memberikan hak-hak perempuan pasca perceraian. Dari realitas tersebut menimbulkan pertanyaan apa dasar Hakim Pengadilan Agama Yogyakarta mengabulkan permohonan tentang hak-hak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Researh) dengan pendekatan yuridis empiris, metode analisis data menggunakan deskiptif analisis. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hak-hak perempuan pasca perceraian di Pengadilan Agama Yogyakarta diberikan selama ada permintaan dari istri, hak-hak yang diberikan yaitu hak asuh dan nafkah hadhanah, nafkah iddah dan mut’ah. Berdasarkan Perma No. 3 Tahun 2017 Tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum pelaksanaannya belum secara maksimal karena Hakim belum bersikap sensitif gender. Ditinjau dari teori maslahah pertimbangan Hakim sudah memberikan kemaslahatan berupa memelihara keturunan (hifz al-nasl) berupa hak asuh dan nafkah hadhanah, memelihara harta (hifz al-mal) berupa nafkah iddah dan mut’ah, dan memelihara jiwa (hifz al-nafs) dari terpenuhinya nafkah iddah, mut’ah dan nafkah hadhanah maka terlindunginya jiwa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Sodiqin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hak-hak perempuan; Cerai Gugat; Perma.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2023 10:38
Last Modified: 17 Jul 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum