PERAN GAME MOBILE LEGENDS DALAM MENCIPTAKAN KERUKUNAN BAGI KOMUNITAS PLAYERS MOBILE LEGENDS BANG BANG PERSPEKTIF TEORI WACANA FOUCAULT

Suratun, NIM.: 18105020035 (2022) PERAN GAME MOBILE LEGENDS DALAM MENCIPTAKAN KERUKUNAN BAGI KOMUNITAS PLAYERS MOBILE LEGENDS BANG BANG PERSPEKTIF TEORI WACANA FOUCAULT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GAME MOBILE LEGENDS DALAM MENCIPTAKAN KERUKUNAN BAGI KOMUNITAS PLAYERS MOBILE LEGENDS BANG BANG PERSPEKTIF TEORI WACANA FOUCAULT)
18105020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GAME MOBILE LEGENDS DALAM MENCIPTAKAN KERUKUNAN BAGI KOMUNITAS PLAYERS MOBILE LEGENDS BANG BANG PERSPEKTIF TEORI WACANA FOUCAULT)
18105020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menganalisis bagaimana relasi dan interaksi yang menunjukkan kerukunan dalam dunia maya, khususnya adalah Game Mobile Legends Bang Bang. Dapat penulis diskripsikan, Mobile legends menjadi game MOBA terbaik dan terpopuler dan paling banyak digandrungi para gamers saat ini. Game Mobile Legends Bang Bang merupakan jenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang menampilkan modus pertempuran 5 vs 5 yang cukup seru dan menarik. Para pemain harus bekerja sama dengan baik untuk menghancurkan setiap turret lawan yang berda di tiga line. Dalam mengalisis hal tersebut, peneliti menggunakan kacamata dari wacana Foucault. Dengan teori relasi dan kuasa Foucault, peneliti menjawab bagaimana awal terbentuknya komunitas Mobile Legends dan bagaimana peran Mobile Legends serta wacana terbentuknya kerukunan dalam komunitas game Mobile Legends. Penulis menyimpulkan bahwa peran Mobile Legends dalam membentuk komunitas berasal dari seorang player yang bermain secara individu, Mobile Legends merupakan salah satu game online yang palingg digemari oleh masyarakat, khususnya dikalangan anak-anak hingga orang dewasa, bahkan mahasiswa sangat menyukai game yang sangat asyik dan menarik untuk dimainkan ini, karena kita bisa menentukan hero apa yang akan digunakan untuk melawan tim lawan. Bahkan kita juga dapat menentukan teman satu tim agar strategi yang diatur berjalan dengan indah dan rapi. Dari wacana Foucault tersebut peneliti beragumentasi ada dua hal yang mendasar dalam terciptanya kerukunan dalam komunitas Mobile Legends. Pertama, dari sisi kuasa pihak Mobile Legends memiliki kuasa penuh dalam mengatur serta membatasi para player Mobile Legends sehingga memberikan wacana kerukunan Beragama. Kedua, para player Mobile Legends dan para komunitasnya memiliki pengetahuan tentang pentingnya untuk rukun beragama. Jadi dalam hal ini peneliti memetakan kedalam diskursus wacana yaitu bagaiaman proses kuasa di dalam game dan wacana pengetahuan tentang kerukunan beragama yang didapat para player diluar game dan di prakterkan dalam lingkup komunitas Mobile Legends.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Kerukunan, Mobile Legends, Wacana Foucault
Subjects: Studi Agama Agama
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jul 2023 14:57
Last Modified: 18 Jul 2023 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum