ANALISIS RELIABILITAS PEKERJA DENGAN PENDEKATAN HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN STEP-WISE WEIGHT ASSESSMENT RATIO ANALYSIS (SWARA) (STUDI KASUS : PT. XYZ)

Fajar Prayogo, NIM.: 19106060024 (2023) ANALISIS RELIABILITAS PEKERJA DENGAN PENDEKATAN HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN STEP-WISE WEIGHT ASSESSMENT RATIO ANALYSIS (SWARA) (STUDI KASUS : PT. XYZ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RELIABILITAS PEKERJA DENGAN PENDEKATAN HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN STEP-WISE WEIGHT ASSESSMENT RATIO ANALYSIS (SWARA) (STUDI KASUS : PT. XYZ))
19106060024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RELIABILITAS PEKERJA DENGAN PENDEKATAN HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN STEP-WISE WEIGHT ASSESSMENT RATIO ANALYSIS (SWARA) (STUDI KASUS : PT. XYZ))
19106060024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan di zaman modern ini harus senantiasa meningkatkan produktivitas dalam hal efektifitas dan efisiensi. Untuk meningkatkan produktivitas, sangat penting untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien, khususnya sumber daya manusia. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi sarung tangan khususnya sarung tangan golf. Pada perusahaan ini terdapat proses produksi yang masih dilakukan oleh keahlian dan keterampilan manusia. Oleh sebab itu, tingkat human error pada perusahaan ini masih terbilang cukup tinggi. Rata-rata kecacatan yang terjadi pada perusahaan tersebut sebesar 9,61% dari total produksi. Angka tersebut masih terbilang cukup tinggi karena masih melebihi batas yang diharapkan perusahaan yaitu sebesar 1%. Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui nilai reliabilitas pekerja di PT. XYZ menggunakan pendekatan Human Error Assessment And Reduction Technique (HEART) dan Step-Wise Weight Assessment Ratio Analysis (SWARA). Hasil pengolahan possible errors identification pada bagian pemotongan dan sewing didapatkan kesimpulan bahwa ditemukan 32 dari 78 jenis aktivitas produksi yang teridentifikasi berpotensi menimbulkan human error sehingga dapat menyebabkan kecacatan produk pada bagian pemotongan. Sedangkan pada bagian sewing, ditemukan 24 dari 59 jenis aktivitas produksi yang teridentifikasi berpotensi menimbulkan human error sehingga dapat menyebabkan kecacatan produk. Berdasarkan perhitungan nilai Human Error Probability (HEP), didapatkan hasil bahwa nilai HEP tertinggi pada bagian pemotongan terdapat pada sub task 0.10.11 dengan nilai HEP sebesar 0,28737. Sedangkan nilai HEP tertinggi pada bagian sewing terdapat pada sub task 0.3.6; 0.4.4; 0.4.5; 0.6.2; 0.7.3; dan 0.8.2 dengan nilai HEP sebesar 0,21048.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Ir. Ira Setyaningsih, S.T., M.Sc, IPM, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: human reliability; HRA; human error; HEP; HEART; MCDM; SWARA
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:43
Last Modified: 18 Aug 2023 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum