ADSORPSI-DESORPSI ION KROMIUM (Cr6+) MENGGUNAKAN ARANG KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana) DAN ARANG KULIT PISANG AMBON (Musa acuminata cavendish) TERAKTIVASI HCl

Devi Rahmadhani, NIM.: 19106030033 (2023) ADSORPSI-DESORPSI ION KROMIUM (Cr6+) MENGGUNAKAN ARANG KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana) DAN ARANG KULIT PISANG AMBON (Musa acuminata cavendish) TERAKTIVASI HCl. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADSORPSI-DESORPSI ION KROMIUM (Cr6+) MENGGUNAKAN ARANG KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana) DAN ARANG KULIT PISANG AMBON (Musa acuminata cavendish) TERAKTIVASI HCl)
19106030033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADSORPSI-DESORPSI ION KROMIUM (Cr6+) MENGGUNAKAN ARANG KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana) DAN ARANG KULIT PISANG AMBON (Musa acuminata cavendish) TERAKTIVASI HCl)
19106030033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kajian adsorpsi ion logam kromium (Cr6+) telah dilakukan menggunakan arang kulit pisang kepok dan arang kulit pisang ambon teraktivasi HCl. Adsorpsi ion logam Cr6+ perlu dilakukan karena merupakan salah satu metode alternatif untuk mengurangi kadar ion Cr6+ yang memiliki toksisitas tinggi, bersifat stabil, dan mudah terakumulasi dalam tubuh hingga memicu sel-sel kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkarakterisasi gugus fungsi arang aktif kulit pisang kepok dan ambon, mengetahui stabilitas waktu adsorpsi, jenis isoterm adsorpsi, dan mekanisme interaksi Cr6+ dalam arang aktif kulit pisang kepok dan ambon. Pembuatan arang aktif kulit pisang dilakukan melalui tiga proses, yaitu dehidrasi menggunakan oven, kabonisasi dengan furnace, dan aktivasi kimia menggunakan akivator HCl 2 M. Aktivasi secara kimia sangat diperlukan untuk meningkatkan daya serap arang aktif kulit pisang. Hasil karakterisasi FT-IR pada arang kulit pisang kepok dan ambon setelah teraktivasi menunjukkan adanya perubahan intensitas serapan pada puncak utama yaitu gugus -OH. Aktivasi dengan asam menyebabkan gugus -OH berkurang dan terprotonasi menjadi OH2+. Adsorpsi ion Cr6+ terhadap arang aktif kulit pisang kepok dan ambon pada pH 2 memberikan waktu stabil pada 75 menit, mengikuti model kinetika adsorpsi pseudo second order (PSO) dengan laju reaksi sebesar 0,05713 mg/g.min dan 0,04079 mg/g.min. Pola isoterm adsorpsi Cr6+ terhadap arang aktif kulit pisang kepok dan ambon mengikuti model isoterm Langmuir dengan kapasitas adsorpsi masing-masing sebesar 0,7036 dan 0,6387 mg/g serta besarnya energi adsorpsi sebesar 26,67 dan 23,55 kJ/mol. Berdasarkan hasil desorpsi sekuensial, mekanisme interaksi yang terjadi melibatkan interaksi kimia melalui pembentukan ikatan hidrogen dan kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: activated charcoal of kepok and ambon banana peel, Cr6+ ion, adsorption, desorption, adsorption kinetics, isotherm, adsorption mechanism
Subjects: Kimia
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Aug 2023 10:42
Last Modified: 21 Aug 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum