FILANTROPI PARA DIFABEL DI TENGAH KONDISI PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS KOMUNITAS DIFABEL SIAGA BENCANA (DIFAGANA) YOGYAKARTA

Nikamul Kohar, NIM.: 16250048 (2023) FILANTROPI PARA DIFABEL DI TENGAH KONDISI PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS KOMUNITAS DIFABEL SIAGA BENCANA (DIFAGANA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILANTROPI PARA DIFABEL DI TENGAH KONDISI PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS KOMUNITAS DIFABEL SIAGA BENCANA (DIFAGANA) YOGYAKARTA)
16250048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FILANTROPI PARA DIFABEL DI TENGAH KONDISI PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS KOMUNITAS DIFABEL SIAGA BENCANA (DIFAGANA) YOGYAKARTA)
16250048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana kegiatan filantropi para difabel yang berada di komunitas DIFAGANA DIY dalam membantu masyarakat di masa pandemi COVID-19. Pertanyaan tersebut berangkat dari sebuah fenomena realitas sosial bahwa para difabel selama ini dipandang sebelah mata yang selalu menjadi objek penerima bantuan ketika terjadinya suatu bencana, termasuk bencana pandemi COVID-19. Kegiatan filantropi DIFAGANA DIY menjadi bukti sebuah aksi nyata bahwa difabel turut berkontribusi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah kualitatif deskriptif desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa difabel di dalam komunitas DIFAGANA DIY ini mampu berperan sebagai subjek pemberi bantuan, baik kepada sesama difabel maupun non-difabel melalui kegiatan filantropi. Berdasarkan teorinya, kegiatan filantropi komunitas DIFAGANA DIY termasuk upaya untuk mengasihi antar sesama dengan motif nilai keagamaan serta kemanusiaan. Bentuk kegiatan filantropi DIFAGANA DIY yaitu meluangka n waktu, tenaga maupun keterampilannya. Kegiatan filantropi DIFAGANA DIY memuat tiga dimensi yaitu dimensi memberi yang berupa membagikan masker, sabun mandi, makanan siap saji setiap hari jumat serta suplemen vitamin D3, lalu ada juga dimensi melayani seperti contoh melakukan pendampingan, pengarahan, mendorong kursi roda, serta menyediakan alat-alat bantu kepada difabel yang sedang menjalankan program vaksinasi. Dimensi selanjutnya yaitu asosiasi, DIFAGANA DIY melakukan kerjasama dengan lembaga kemanusiaan, seperti Dompet Dhuafa untuk menjalankan program vaksinasi. Adapun jenis kegiatan filantropi DIFAGANA DIY yaitu termasuk filantropi tradisional dan filantropi social juctice philantropy. Para difabel komunitas DIFAGANA DIY merupakan relawan (volunteer) yang memiliki jiwa kemanusiaan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Arif Maftuhin, M.Ag., MAIS
Uncontrolled Keywords: filantropi; difabel; DIFAGANA DIY; voluntarisme
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Sep 2023 11:50
Last Modified: 05 Sep 2023 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum