PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT: BUDAYA NONGKRONG, PRODUKTIVITAS KERJA DAN EKSPRESI DIRI DI KEDAI JOGLO KOPI SONGGO LANGIT SOROWAJAN

Moh. Saiful Bahri, NIM.: 17102030010 (2023) PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT: BUDAYA NONGKRONG, PRODUKTIVITAS KERJA DAN EKSPRESI DIRI DI KEDAI JOGLO KOPI SONGGO LANGIT SOROWAJAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT: BUDAYA NONGKRONG, PRODUKTIVITAS KERJA DAN EKSPRESI DIRI DI KEDAI JOGLO KOPI SONGGO LANGIT SOROWAJAN)
17102030010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT: BUDAYA NONGKRONG, PRODUKTIVITAS KERJA DAN EKSPRESI DIRI DI KEDAI JOGLO KOPI SONGGO LANGIT SOROWAJAN)
17102030010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang fenomena keberadaan kedai kopi terhadap perubahan gaya hidup masyarakat di kedai Joglo Kopi Songgo Langit Sorowajan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui fenomena perubahan gaya hidup masyarakat beserta aktivitasnya dengan menggunakan dimensi gaya hidup AIO (Activities, Interest, Opinion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitastif fenomenologis melalui observasi, wawancara dan literatur kepustakaan. Penelitian ini mengguanakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pengambilan sampel akan ditentukan yang dirasa dapat memberikan informasi mendalam terkait tema penelitan ini yaitu masyarakat yang mengunjungi kedai Joglo Kopi Songgo Langit. Hasil penelitian ini menunjukkan fenomena gaya hidup yang tercipta dari adanya kedai Joglo Kopi Songgo Langit mulai dari budaya nongkrong, produktivitas kerja, menyelesaikan pekerjaan maupun tugas kuliah dan juga interasksi sosial antara pengunjung lainnya. Serta hasil penelitian menunjukkan adanya daya tarik masyarakat terhadap kedai Joglo Kopi Songgo Langit, khusunya bagi masyarakat yang bekerja freelance hingga yang memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai kebutuhannya, sehingga beberapa masyarakat mengunjungi kedai ini bisa tiga empat kali dalam seminggu. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa eksistensi kedai Joglo Kopi Songgi Langit sudah menjadi kebutuhan yang merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Oleh karena itu kedai Joglo Kopi Songgo Langit sudah menjadi ruang yang memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas, minat dan opini sehingga menciptakan gaya hidup masyakat dalam rangkat meningkatkan kualitass hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Izudin, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Aktivitas, Produktif, Masyarakat
Subjects: Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:57
Last Modified: 06 Sep 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum