ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN WISATA SENDANG SOMBOMERTI DI KAMPUNG SOMBOMERTEN KELURAHAN MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Hakimatul Uslimah, NIM.: 19102030033 (2023) ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN WISATA SENDANG SOMBOMERTI DI KAMPUNG SOMBOMERTEN KELURAHAN MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN WISATA SENDANG SOMBOMERTI DI KAMPUNG SOMBOMERTEN KELURAHAN MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
19102030033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN WISATA SENDANG SOMBOMERTI DI KAMPUNG SOMBOMERTEN KELURAHAN MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
19102030033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Potensi alam yang dianugrahkan oleh Tuhan seharusnya menjadi pemakmur oleh masyarakat sekitar. Namun ironisnya tidak banyak masyarakat menyadari akan potensi yang dimiliki. Sehingga tidak sedikit potensi alam yang dikelola menjadi destinasi wisata, dikuasi oleh pihak luar tanpa melibatkan partipasi masyarakat, yang dimana pada akhirnya masyarakat sekitar hanya dijadikan kuli dalam pengembangan wisata. wisata Sendang Sombomerti merupakan salah satu wisata alam yang lahir dari inisiatif masyarakat dengan memanfaatkan aset yang dimiliki. Sehingga skripsi ini, dilatar belakangi sebuah bentuk keberhasilan masyarakat kampung sombomerten dalam mengelola asset yang mereka miliki hingga menjadi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap asset-based community development dalam pengembangan wisata Sendang Sombomerti, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari pengembangan wisata Sendang Sombomertibagi masyarakat lokal. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian lapangan. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkankan analisis datanya menggunakan analisis intraktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahapan dalam pengembangan wisata berbasis aset di Kampung Sombomerten dimulai dari, yaitu: Pertama, tahapan Discovery terwujud dalam bentuk masyarakat menyadari asset yang dimiliki. Kedua, tahapan Dream yakni terwujud bagaimana masyarakat memiliki mimpi untuk membangun destinasi wisata air. Ketiga, tahapan Design diwujudkan dalam membuat rencana secara sistematis dalam mewujudkan mimpi, yang dimulai dengan melengkapi struktur organisasi, perencanaan konsep kolam renang, perencanaan anggaran dan perencanaan promosi. Keempat, tahapan Destiny dilakukan dengan memastikan apa yang telah direncanakan benar-benar terlaksana dan melakukan evaluasi sebagai upaya melakukan perbaikan baik dari internal komunitas dan infrastuktur wisata agar menjaga keberlanjutan wisata. Adapun hasil dari pengembangan wisata Sendang Sombomertibagi masyarakat lokal terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek sosial yang ditandai dengan meningkatnya kepedulian dan kedekatan masyarakat. Selanjutnya dari aspek ekonomi ditandai dengan adanya lapangangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan meningkatnya pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Potensi Alam, Desa Wisata, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 13:52
Last Modified: 08 Sep 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum