PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MUSLIM KE MASJID GEDHE MATARAM YOGYAKARTA

Faradillah Inayah Balqis, NIM.: 19102040037 (2023) PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MUSLIM KE MASJID GEDHE MATARAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MUSLIM KE MASJID GEDHE MATARAM YOGYAKARTA)
19102040037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MUSLIM KE MASJID GEDHE MATARAM YOGYAKARTA)
19102040037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang menjadi kunjungan banyak wisatawan. Sebagai kota budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai beragam potensi budaya baik yang bersifat positif maupun non fisik. Saat ini, wisata religi menjadi salah satu trend wisata di Indonesia. Islam sebagai agama mayoritas menjadikan tradisi ziarah makam menjadi faktor pendukung wisata religi. Salah satu wisata religi sekaligus wisata budaya di DI Yogyakarta yang sampai hari ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Masjid Gedhe Mataram. Masjid Gedhe Mataram merupakan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Islam yang juga menjadi masjid tertua di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian data adalah menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis regresi berganda dengan minat berkunjung sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu daya tarik wisata (X1), amenitas (X2), dan aksesibilitas (X3). Sampel dalam penelitian ini menggunakan 100 responden wisatawan yang sedang maupun pernah berkunjung ke Masjid Gedhe Mataram. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang diolah dengan bantuan software IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil R2 dimana variabel independen memberikan sumbangan sebesar 31,6% dan sisanya 68,4% dijelaskan oleh variabel di luar model penelitian. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh nilai Ftabel sebesar 2,70 maka Fhitung 14,758 > Ftabel 2,70 sehingga dapat disimpulkan tiga variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berkunjung ke Masjid Gedhe Mataram. Adapun secara parsial diperoleh nilai thitung variabel daya tarik wisata sebesar 4,838, amenitas (-418), dan aksesibilitas 0,751 dengan nilai ttabel sebesar 1,984. Dapat diketahui bahwa daya tarik berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Masjid Gedhe Mataram. Sedangkan amenitas dan aksesibilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Masjid Gedhe Mataram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi, Masjid Gedhe Mataram, Minat Berkunjung
Subjects: Industri Pariwisata
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 15:02
Last Modified: 08 Sep 2023 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum