STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR

Khoirul Umam, NIM.: 19102040087 (2023) STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR)
19102040087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR)
19102040087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya strategi pemasaran pada marketplace Shopee untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen. Sebelum berjualan online di marketplace Shopee penjual perlu menganalisis pasar yang ada untuk membuat strategi pemasaran yang tepat. Dalam hal ini analisis SWOT merupakan model analisis yang tepat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh online shop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh online shop Astacala.ar pada marketplace Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bagaimana cara atau strategi yang digunakan dalam memasarkan produknya oleh online shop Astacala.ar pada marketplace Shopee. Teori yang digunakan adalah teori strategi pemasaran dari Sofian Assauri merupakan serangkaian rencana yang menyeluruh, menyatu dan terpadu dalam bidang pemasaran yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam memberikan arahan tentang kegiatan pemasaran yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi langsung kepada pemilik online shop Astacala.ar, karyawan, dan konsumen online shop Astacala.ar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari hasil analisis pada tabel IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2,86 yang berarti bahwa nilai ini mengindikasikan posisi internal pada online shop Astacala.a kuat. Dan dari hasil analisis tabel EFAS, faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 2,65 yang berarti ini mengindikasikan bahwa perusahaan mampu merespon peluang yang ada dengan baik dan mampu menghadapi ancaman-ancaman yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Marketplace Shopee, Online Shop Astacala.ar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 11:39
Last Modified: 11 Sep 2023 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum