IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MASARAN : STUDI KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MASARAN, KECAMATAN MUNJUNGAN, TRENGGALEK, JAWA TIM

Ramdani Puspita Rinanti, NIM.: 19102050019 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MASARAN : STUDI KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MASARAN, KECAMATAN MUNJUNGAN, TRENGGALEK, JAWA TIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MASARAN : STUDI KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MASARAN, KECAMATAN MUNJUNGAN, TRENGGALEK, JAWA TIM)
19102050019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MASARAN : STUDI KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MASARAN, KECAMATAN MUNJUNGAN, TRENGGALEK, JAWA TIM)
19102050019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kurang stabil sedangkan untuk kenaikan harga barang, jasa dan nilai tukar rupiah semakin meningkat untuk itu sektor pariwisata bisa digunakan untuk menambah ekonomi masyarakat Indonesia. Desa Masaran terpilih menjadi salah satu desa yang akan dikembangkan wisatanya, oleh karena itu perlu adanya implementasi atau strategi dalam pelaksanaan Program Pengembangan Desa Wisata Masaran agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi kegiatan, dan wawancara, Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyaian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi dari program Desa Wisata Masaran tersebut terhadap Kesejahteraan ekonomi masyarakatnya dan apa saja Dampak yang dihasilkan dari program tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan pada pelaksanaan program pengembangan Desa Wisata Masaran, Pokdarwis Maeso Ungaran melibatkan masyarakat dalam melaksanakan program tersebut dengan menekankan sisi kemandirian kepada masyarakat dalam mengelola kreatifitas yang berguna untuk membantu pendapat ekonomi. Dampak Positif nya yaitu Desa Masaran dan wisatanya banyak dikenal masyarakat luar, pendapatan masyarakat Desa Masaran semakin bertambah, berkembangnya kreatifitas masyarakat. Sedangkan Dampak Negatif yaitu banyaknya sampah berserakan, pembuangan limba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, S.Sos.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Program Pengembangan Desa, Desa Wisata,Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Industri Pariwisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 12:04
Last Modified: 11 Sep 2023 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum