INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS WARGA BINAAN PELAKU KEKERASAN SEKSUAL)

Zidni Rizkina, NIM.: 19102050005 (2023) INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS WARGA BINAAN PELAKU KEKERASAN SEKSUAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS WARGA BINAAN PELAKU KEKERASAN SEKSUAL))
19102050005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS WARGA BINAAN PELAKU KEKERASAN SEKSUAL))
19102050005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai intervensi mikro yang dilakukan oleh pekerja sosial terhadap warga binaan pelaku kekerasan seksual di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang intervenesi mikro pekerja sosial dan metode yang digunakan pekerja sosial. Permasalahan ini diangkat karena maraknya berita mengenai kasus kekerasan seksual cukup membuat masyarakat resah, hal tersebut sangat perlu perhatian lebih baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Dengan adanya Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta ini bertujuan untuk menangani pelaku tindak kekerasan seksual tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif yang digunakan untuk mengetahui bagaimana proses intervensi mikro dan metode intervensi apa yang digunakan pekerja sosial terhadap warga binaan pelaku kekerasan seksual di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara sebagai penggali informasi-informasi secara lansgung dari subjek penelitian, observasi digunakan sebagai proses pengamatan secara langsung kondisi dan situasi yang ada di lokasi penelitian, dan dokumentasi sebagai penguat data yang berhubungan dengan tema penelitian, yang berasal dari dokumen-dokumen seperti form assessment dan dokumen warga binaan yang ada di lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa proses intervensi mikro yang dilakukan pekerja sosial di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta melalui 5 tahapan yaitu: pendekatan awal, assessment, perencanaan, intervensi, dan evaluasi serta terminasi. Metode intervensi yang sering digunakan yaitu konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Pelaku Kekerasan Seksual, Proses Intervensi Mikro
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 11:50
Last Modified: 11 Sep 2023 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum