PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Yenni, NIM. 03470590 (2008) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
03470590_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
03470590_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Layanan BK di sekolah merupakan layanan yang membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya baik itu masalah pribadi, masalah sosial, masalah karir dan juga masalah belajar. Untuk masalah kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA atau sederajat memegang peranan penting karcna siswa diharapkan sctclah lulus dari SMA dapat mcngcmbangkan potensi dirinya khususnya dibidang agama, yang ini tcntunya bcnnanfaat untuk kehidupan di dunia dan juga akhiral. Pcnclilian ini bcrlujuan unluk mcngctahui usaha-usaha guru BK dalam mcngatasi siswa yang mcngalami kcsulitan bclajar dan juga bertujuan untuk mcngctahui faktor-faktor apa saja yang mcnycbabkan siswa mengalami kesulitan bclajar PAI. I lasil pcnclitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi guru BK dalam mcningkalkan mutu program layanannya. Populasi penelitian ini adalah satu orang guru BK, satu orang guru P J\ I dan sebagai pendukung dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP I berjumlah 11 siswa dari 34 siswa, kelas X AP 2 bc dari 34 siswa, kelas X AP 2 berjumlah 13 siswa dari 36 siswa dan X BS berjumlah 4 siswa dari 40 siswa. Jadi subyck dalam pcnclitian ini bcrjumlah 28 siswa dari 110 jumlah keseluruhan siswa kelas X. Penulis menggunakan Sampel berstrata atau Stratffied Sample yaitu populasi tcrbagi atas tingkat. Bcrdasarkan pertimbangan bahwa 28 orang siswa tcrscbut mcngalami kcsulitan bclajar PAI karena prestasi belajar di bawah standar. di bawah standar, jika dihandingkan dcngan siswa yang lainnya. Pengumpulan data dilakukan dcngan mctodc observasi, dokumcntasi, wawancara, dan angkct. Faktor-faktor yang menycbabkan tcrjadinya kcsulitan bclajar PAI pada siswa di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dapat dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Peran guru BK di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI yaitu dengan membantu peserta didik secara terus-menerus supaya mereka dapat memahami dirinya. Adapun peran guru BK dilaksanakan dengan cara berperan secara preventif (mencegah), berperan secara kuratif (pcnycmbuhan) dan bcrperan sccara preservatif (pcmeliharaan). Adapun peran guru BK di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI kelas X AP I, X AP 2 dan X Busana dapat dinyatakan mengalami peningkatan atau sudah BAIK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Johariyah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling, kesulitan belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Sep 2023 11:34
Last Modified: 18 Sep 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum