EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR' AN SECARA TARTIL DI KELAS MURATTAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN AI-QUR'AN MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)

Mas'udatul Hamdiyah, NIM.: 02411142 (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR' AN SECARA TARTIL DI KELAS MURATTAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN AI-QUR'AN MASJID SYUHADA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR' AN SECARA TARTIL DI KELAS MURATTAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN AI-QUR'AN MASJID SYUHADA Y OGYAKARTA))
02411142_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR' AN SECARA TARTIL DI KELAS MURATTAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN AI-QUR'AN MASJID SYUHADA Y OGYAKARTA))
02411142_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1. a. pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta b. kesiapan ustadzlustadzah dan peserta didik c. Kesiapan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran seni baca al­Qur'an secara tartil. 2. hasil yang dicapai peserta didik dalam membaca al-Qur'an secara tartil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana kesiapan ustadzlustadzah, peserta didik dan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil, bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta dan apa hasil yang dicapai peserta didik dalam membaca Al-Qur'an dengan secara tartil Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode diskriptik analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukan 1. a. kesiapan ustadzlustadzah, peserta didik b. kesiapan saranan pembelajaran dalam kategori memuaskan. c. lagu-lagu yang diajarkan bervariasi yaitu lagu bayati,rast dan nahawand d. Metode yang digunakan mencakup metode ceramah, metode latihan, metode demonstrasi dan metode kerja kelompok. 2) hasil yang dicapai dalam ha! prestasi / hasil ujian menunjukkan kurang memuaskan, dan cukup memuaskan dalam hal prilaku pese1ia didik dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Al-Qur'an, Tartil, Prestasi Belajar, Pernbelajaran Murattal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:51
Last Modified: 22 Sep 2023 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum