PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Siswadin, NIM.: 02431386 (2007) PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISW A TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
02431386_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISW A TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
02431386_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengamh Minat Pada Profesi Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris MIPA Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya, serta seberapa besar pengaruh minat pada profesi guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tadris MIP A Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta Semester Gasal Tahun Ajaran 2006/2007 sejumlah 187 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan table dari Robert V Krejcei dan Daryle W Morgan pada taraf signifikansi 5%, dengan tehnik strat(fied random sampling diperoleh sampel 126 mahasiswa. T eknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen yang berbentuk angket, yaitu angket minat pada profesi gum, lingkungan belajar dan motivasi belajar yang masing-masing angket terdiri dari 25 butir petanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ( 1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat pada profesi guru terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi rx1y = 0,404 serta garis regresi Y= 0,433X1 + 42,421, (2) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Iingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi rx2y = 0,500 dan garis regresi Y= 0,488X2 + 47,568 (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat pada profesi guru dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan persamaan regresi Y= 0,307 X1 + 0,410 X2 + 23,577 dan koefisien regresi ganda ry12 = 0,571 Minat pada profesi gum memberi sumbangan efektif sebesar 17,194 dan lingkungan belajar sebesar 31,183. Sedangkan sumbangan relatif min at pada profesi gum sebesar 35,561 % dan lingkungan belajar sebesar 64,493% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Profesi Guru, Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:11
Last Modified: 22 Sep 2023 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum