PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SIGIT AGUNG PRAYOGI - NIM. 06690003, (2011) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan pembelajaran fisika berwawasan konstruktivis dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan developmental research, dengan menggunakan model Instructional Development Institute (IDI) yang meliputi proses define, develop, dan evaluate. Subyek penelitian siswa kelas X I SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa modul, LKS, soal pre-test, soal post-test, lembar observasi siswa dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika berwawasan konstruktivis yang digunakan. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan aspek aktivitas, tanggapan siswa dan aspek afektif siswa selama proses pembelajaran berlangsung, keberhasilan produk berupa peningkatan aspek kognitif dalam mata pelajaran fisika. Data pelaksanaan pembelajaran dianalisis dengan analisis deskriptif, sementara keberhasilan produk dianalis menggunakan persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek aktivitas. Pada aspek kognitif dengan rata-rata uji coba I sebesar 67,71, uji coba II sebesar 74,61, dan uji coba III sebesar 81,25. Persentase keberhasilan produk sebesar 81,25%. Pada aspek afektif siswa rata-rata uji coba I sebesar 60%, uji coba II sebesar 73,75%, dan uji coba III sebesar 83,12%. Pada aspek aktivitas siswa rata-rata uji coba I sebesar 65,14%, uji coba II sebesar 73,79% dan uji coba III sebesar 82,93%. Persentase keberhasilan proses sebesar 83,02%. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika berwawasan konstruktivis positif sebesar 72,22%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Instructional Development Institute (IDI), diskusi kelompok, hasil belajar, konstruktivis
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum