ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS I DITINJAU DARI SEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL

Ahmad Nurhasim, NIM. 98454057 (2005) ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS I DITINJAU DARI SEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS I DITINJAU DARI SEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL)
98454057_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS I DITINJAU DARI SEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL)
98454057_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tingginya tingkat keterlibatan siswa dalam naskah buku berkaitan keterampilan proses sains yang dikembangkan pada buku pelajaran fisika SMA kelas I yang beredar di toko-toko buku Yogyakarta dan berapa tingginya tingkat pengembangan academic skill dalam buku-buku teks fisika SMA kelas I. Subjek penelitian berupa buku pelajaran fisika kelas I SMA yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang ditentukan dengan mensurvei toko-toko buku yang ada di Yogyakarta. Pe1iimbangan ini didasarkan pada survei di beberapa SMA di Kodya Y ogyakarta untuk mengetahui buku yang digunakan siswa, dan ternyata buku­buku tersebut dijual di toko-toko buku Yogyakarta. Dengan demikian, buku-buku yang menjadi subjek penelitian mewakili buku yang digunakan siswa. Berdasarkan pengamatan di toko buku dan informasi dari penjualnya ditetapkan tiga buku sebagai subjek penelitian. Tiga buku itu diambil berdasarkan urutan atas dari buku yang paling banyak dijumpai di toko-toko buku. Ketiga buku tersebut diberi kode buku A, B, dan C. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi berdasarkan kriteria. Yakni judgement peneliti yang didasarkan pada acuan yang telah dibakukan Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua keterampilan proses sains dikembangkan dalam setiap buku yang diteliti. Dalam Buku A paling banyak dikembangkan adalah mengamati, pada buku B mengamati dan mengkomunikasikan, dan pada buku C paling banyak dikembangkan keterampilan menerapkan konsep. Ketiga buku yang diteliti mempunyai prosentase keterampilan proses sains yang berbeda-beda. Buku B dan C, tingkat pengembangan keterampilan proses sains sedang. Sedangkan buku A aspek keterampilan proses sainsnya rendah. Tingkat aspek pelibatan keterampilan proses sains masing-masing buku: buku A 23,9%, buku 41,5%, dan buku C 34,5%. Buku-buku yang mengembangkan academic skill yang sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa didasarkan pada fitur-fitur aplikasi konsep, penyelesaian soal, dan program gambar- yang baik cenderung banyak digunakan pada semua buku, namun penekanan konsep yang barn dan aplikasinya cenderung minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: analisis isi, keterampilan proses sains, academic skill
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Oct 2023 14:19
Last Modified: 04 Oct 2023 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum