AKSI SOSIAL KOLEKTIF BERKELANJUTAN: STUDI PADA WARUNG SHODAQOH DI DUSUN MANDIRO, DESA MOJOPURNO, KECAMATAN NGARIBOYO, KABUPATEN MAGETAN

Fahma Zufar Luthfia, NIM.: 19107020006 (2023) AKSI SOSIAL KOLEKTIF BERKELANJUTAN: STUDI PADA WARUNG SHODAQOH DI DUSUN MANDIRO, DESA MOJOPURNO, KECAMATAN NGARIBOYO, KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKSI SOSIAL KOLEKTIF BERKELANJUTAN: STUDI PADA WARUNG SHODAQOH DI DUSUN MANDIRO, DESA MOJOPURNO, KECAMATAN NGARIBOYO, KABUPATEN MAGETAN)
19107020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKSI SOSIAL KOLEKTIF BERKELANJUTAN: STUDI PADA WARUNG SHODAQOH DI DUSUN MANDIRO, DESA MOJOPURNO, KECAMATAN NGARIBOYO, KABUPATEN MAGETAN)
19107020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aksi sosial merupakan kegiatan yang sudah dikoordinasi dan terdapat tujuan untuk mencapai suatu perubahan, yang berkaitan dalam hal memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah, mengoreksi ketidakadilan atau meningkatkan kualitas hidup manusia. Aksi sosial yang muncul saat terjadinya suatu bencana biasanya tidak bertahan lama. Apalagi yang mengadakan dari lembaga atau instansi yang biasanya hanya untuk kepentingan realisasi program. Aksi tersebut kebanyakan hanya berlangsung dalam jangka pendek. Jika dampak dari bencana tersebut sudah hilang maka aksi tersebut juga berhenti. Aksi sosial Warung Shodaqoh merupakan salah satu hasil gotong royong warga Dusun Mandiro, yang mana pada era pandemi memiliki sasaran kepada warga yang terdampak. Seiring berjalannya waktu dan pandemi covid-19 sudah dinyatakan berakhir, ternyata Warung Shodaqoh memilih untuk tetap bertahan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa motif relawan dalam melaksanakan kegiatan berkelanjutan pada Warung Shodaqoh dan bagaimana strategi relawan dalam mengelola Warung Shodaqoh. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural oleh Talcott Parsons dengan skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latent Pattern Maintenance). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari data penerima PKH, bantuan sosial sembako, dan BLT-DD. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warung Shodaqoh mampu berkelanjutan memiliki strategi yang terdapat pada empat konsep meliputi pertama, kemampuan masyarakat dalam menyesuaikan diri dengan cara menyesuaikan kondisi sumber daya yang terdapat pada masyarakat tersebut. Kedua, konsisten dan berkomitmen dengan tujuan yang telah disepakati bersama. Ketiga, menciptakan harmonisasi antar anggota relawan dan pihak yang terlibat. Keempat, mempertahankan konsep sedekah dan memotivasi anggota agar tetap bertahan. Strategi yang telah dijalankan pada Warung Shodaqoh yaitu adanya donatur tetap dan komitmen dari relawan. Selain itu, aspek kemanfaatan atas keberadaan Warung Shodaqoh tidak hanya sebatas pada pemenuhan aspek material atau kebutuhan makan warga saja. Tetapi juga terdapat motif agama dan sosial didalamnya. Motif agama yaitu menjadi sarana untuk bersedekah. Sedangkan motif sosial yaitu menjadi sarana bagi warga untuk tetap melestarikan nilai gotong royong dan solidaritas sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Aksi Sosial, Bencana Covid-19, Warung Shodaqoh
Subjects: Sosial, Interaksi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Oct 2023 11:37
Last Modified: 09 Oct 2023 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum