STRATEGI OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN PETANI DI TENGAH KRISISNYA PUPUK SUBSIDI PADA KELOMPOK SUMBER KENCANA DUSUN MINGKING, SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG.

Yuna Afida, NIM.: 19107020076 (2023) STRATEGI OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN PETANI DI TENGAH KRISISNYA PUPUK SUBSIDI PADA KELOMPOK SUMBER KENCANA DUSUN MINGKING, SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN PETANI DI TENGAH KRISISNYA PUPUK SUBSIDI PADA KELOMPOK SUMBER KENCANA DUSUN MINGKING, SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG.)
19107020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN PETANI DI TENGAH KRISISNYA PUPUK SUBSIDI PADA KELOMPOK SUMBER KENCANA DUSUN MINGKING, SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG.)
19107020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan strategi untuk menyejahterakan hidup individu, kelompok dan keluarga. Adanya program pemberdayaan diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi agar pemberdayaan berjalan dengan lancar. Kelompok Tani Sumber Kencana di Dusun Mingking, Sokorini, Muntilan, Magelang, merupakan salah satu kelompok tani yang sedang berupaya untuk memberdayakan dirinya, kelompok, dan keluarga ditengah krisisnya pupuk subsidi. Kelompok Sumber Kencana mengalami pengurangan alokasi subsidi pupuk dari pemerintah sebesar 8,337 ton per tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi Kelompok Sumber Kencana dalam menghadapi krisisnya subsidi pupuk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Teori Pemberdayaan menurut Edi Suharto yang mana suatu pemberdayaan dapat dicapai dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan 5P (Pemungkinan, Penguatan, Penyokongan, Perlindungan, dan Pemeliharaan). Metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah, reduksi data,penyajian data,dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menemukan strategi optimalisasi Kelompok Sumber Kencana dalam menghadapi krisisnya pupuk subsidi ialah dengan Pertama, mengikuti program pembuatan pupuk organik yang berbahan dasar akar bambu muda yang disebut dengan pupuk organik PGPR, program pembuatan pupuk organik tersebut masih berjalan dan terus dijalankan oleh anggota Kelompok Tani Sumber Kencana. Strategi pembuatan pupuk organik tersebut merupakan sebuah perlindungan dan penguatan yang diberikan Dinas Pertanian kepada Kelompok Sumber Kencana, dengan memberikan sosialisasi berupa pembuatan dan pengaplikasian pupuk organik bisa menambahkan wawasan serta ketrampilan bagi Kelompok Tani Sumber Kencana. Strategi Kedua, menggunakan sistem bagi hasil maro. Sistem bagi hasil maro merupakan sistem yang dijalankan antara penggarap dan pemilik lahan. Strategi tersebut dijalankan oleh anggota Kelompok Tani Sumber Kencana sebagai salah satu cara menanggulagi krisisnya pupuk subsidi dengan mengelaborasikan pupuk subsidi milik penggarap dan pemilik lahan . Strategi Ketiga, terdapat strategi Kelompok Sumber Kencana terhadap pengelolaan lahan sawah, seperti cara untuk mengatasi perubahan iklim,cara pengelolaan lahan sebelum bertanam dan cara pengaplikasian pupuk terhadap tanamannya. Pada penelitian ini, strategi tersebut berjalan secara optimal untuk memberdayakan petani Kelompok Sumber Kencana, walaupun masih terdapat faktor penghambat seperti, perubahan iklim atau cuaca yang tidak bisa diprediksi oleh petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Tani, Subsidi Pupuk
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:04
Last Modified: 09 Oct 2023 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum