PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK

Jainunu Fajariati, NIM.: 18104090047 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGL)
18104090047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MASA PTM (PEMBELAJARAN TATAP MUKA) PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NGAGL)
18104090047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia menyebabkan kelumpuhan seluruh aspek kehidupan, diantaranya aspek ekonomi, politik, sosial dan pendidikan. Berbagai kebijakan diterbitkan dalam mengantisipasi kemungkinan resiko yang ditimbulkan oleh wabah covid-19. Dalam sektor pendidikan, program pembelajaran daring menjadi solusi agar kegiatan belajara mengajar tetap berjalan. Kebijakan belajar daring dengan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menimbulkan dampak terhadap kegiatan pembelajaran baik bagi guru sebagai pengajar maupun peserta didik pada lembaga pendidikan. Berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh guru menjadikan aktivitas belajar mengajar kurang baik. Oleh sebab itu, diperlukan peran pemimpin yang dapat memotivasi guru di masa pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian untuk meniliti tentang pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru masa PTM (Pembelajaran Tatap Muka). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi sejumlah 26 orang. Menggunakan sampel jenuh untuk pengambilan sampel. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan SPSS Versi 25. Uji validitas menggunakan correlate bivariate dan uji reliabilitas dengan teknik cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) antara variabel kepemimpinan demokratis (X) dengan variabel motivasi kerja (Y) sebesar 0,552 dan tingkat nilai signifikansinya adalah 0,003 < α = 0,05. Selanjutnya, temuan analisis regresi linear sederhana menghasilkan R² = 0,304 yang menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah memiliki pengaruh sebesar 30,4% terhadap motivasi kerja guru masa PTM. Selanjutnya, ditetapkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan rumus regresi Y= 19,715 + 0,332X. Jadi, kesimpulannya ialah semakin tinggi kepemimpinan demokratis kepala sekolah yang diterapkan, maka motivasi kerja guru akan semakin tinggi pada masa pembeajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Demokratis, Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 11:04
Last Modified: 10 Oct 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum