PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA

Nasrullah, NIM.: 00410502 (2005) PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA)
00410502_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA)
00410502_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sudah menjadi kenyataan bahwa kemajuan suatu bangsa selalu dipengaruhi dengan adanya keberhasilan dalam dunia Pendidikan. Mengamati fenomena empirik yang ada disekeliling kita maka tampaklah bahwa pada saat ini terdapat banyak kasus kenakalan dikalangan remaja/pelajar. Timbulnya kasus-kasus kenakalan remaja memang tidak semata-mata karena kegagalan pendidikan agama Islam di sekolah yang lebih menekankan pada aspek kognitif, akan tetapi bagaimana semuanya itu dapat mendorong serta menggerakkan guru PAI untuk mencerrnati kembali dan mencari solusi lewat pengembangan pernbelajaran pendidikan agama Islam yang berorientasi pada pendidikan nilai (afektif ). Pelaksanaan belajar-mengajar serta penanaman nilai-nilai Islam di SLTP Muhammadiyah 2 Gamping Yogyakarta dijadikan obyek penelitian ini. SL TP Muhahammadiyah 2 Gamping Y ogyakarta merupakan lembaga pendidikan Islam yang rnencetak siswa yang berpribadi muslim serta rnenjadikan lslam ini sebagai pandangan hidupnya untuk keselamatan dan kesejahtraan hidup di dunia dan akhirat. Metode penelitian ini adalah dengan kuantitatif dan kualitatif. Cara pengambilan data dengan menggunakan tekhnik non random sampling, yaitu tekhik purposive sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Guru agama SLTP Muhammadiyah 2 Gamping Yogyakarta sudah menjalankan perannya dengah baik karena telah berperan sebagai a. Fasilitator Sebagai bukti : guru agama selalu meningkatkan keahlian serta mernperluas khasanah pengetahuannya kemudian ditranforrnasikan kepada para murid. b. Motivator Sebagai bukti : guru agama memberikan dorongan, nasehat-nasehat serta cerita-cerita kepada siswa. c. Pembimbing Sebagai bukti : guru agama bekerjasama dengan guru BP untuk mengatasi rnasalah siswa. 2. Berbagai macam usaha yang diberikan guru agama pada diri siswa baik pada bidang kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler sangatlah membantu siswa di dalam proses pengembangan kepribadian muslim selanjutnya walaupun masih ada sebagian kecil usaha yang dilakukan oleh guru agama yang belum diterima dengan baik oleh para siswa, ha! ini terbukti dengan jawaban angket yang diberikan oleh siswa. 3. Dari hasil wawancara penulis dengan guru agama tentang metode pembina:rn, seb.gairnana yang telah diuraikan pada bab Ill, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode-metode yang diterapkan oleh guru agama meliputi: a. Metode Ccramah, b. Metode Teladan, c. Metode Praktek, d. Metode Pengawasan, e. Metode Larangan, f. Metode Hukuman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.H. Siti Barrirotun
Uncontrolled Keywords: motivator; belajar; ekstrakulrikuler; guru agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:01
Last Modified: 12 Oct 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum