PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Susan Fitriyani, NIM.: 00420076 (2005) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
00420076_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
00420076_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembaharuan pendidikan dan pembelajaran selalu dilaksanakan dari waktu ke waktu dan tak pemah berhenti. Pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi (KBK) merupakan contoh hasil perubahan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan kerangka acuan dalam menyusun kurikulum secara nasional termasuk dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab di jurusan Pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penentuan subjek, metode observasi, wawancara/interview dan metode dokumentasi. Metode dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Kesimpulan penelitian ini adalah 1. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab di jurusan PBA fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ditinjau dari aspek perumusan kurikulum dan Satuan Acara Perkuliahannya (SAP) secara umum telah memenuhi beberapa kriteria dan standar perencanaan pembelajaran berdasarkan kompetensi (KBK). 2. Adapun pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam pembelajaran bahasa Arab di jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta, sebagaimana dapat kita lihat dalam pelaksanaan SAP di lapangan (kelas ), maka berdasarkan observasi yang penulis lakukan di kelas PBA-2 (kelompok I dan II), proses pembelajaran bahasa Arab .tersebut telah dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan sistem pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Oleh karena itu, maka dapat dikatakan pu1a bahwa pelaksanaan KBK dalam pembelajaran bahasa Arab di jurusan PBA fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta pada prinsipnya telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, M.A
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran; pembelajaran; metode penilaian; SAP
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Oct 2023 14:15
Last Modified: 17 Oct 2023 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61360

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum