DINAMIKA STRATEGI KOPING PADA WANITA DEWASA AWAL PENYINTAS DELIBERATE SELF HARM DENGAN RIWAYAT ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES

Ririn Setiawati, NIM.: 20200012047 (2023) DINAMIKA STRATEGI KOPING PADA WANITA DEWASA AWAL PENYINTAS DELIBERATE SELF HARM DENGAN RIWAYAT ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA STRATEGI KOPING PADA WANITA DEWASA AWAL PENYINTAS DELIBERATE SELF HARM DENGAN RIWAYAT ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES)
20200012047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA STRATEGI KOPING PADA WANITA DEWASA AWAL PENYINTAS DELIBERATE SELF HARM DENGAN RIWAYAT ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES)
20200012047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Deliberate self-harm (DSH) merupakan perilaku negatif dimana individu dengan sengaja menyakiti diri sendiri sehingga menyebabkan kerugian baik secara fisik, mental maupun spiritual. Dengan adanya perilaku negatif tersebut maka dibutuhkan upaya untuk keluar dari kondisi negatif yang di rasa merugikan diri sendiri yang disebut strategi koping. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dinamika strategi koping pada wanita dewasa awal penyintas deliberate self-harm dengan riwayat adverse childhood experiences. Penelitian ini terdiri dari dua rumusan yang diajukan yaitu: pertama, apa saja faktor penyebab timbulnya perilaku deliberate self-harm, upaya preventif dan implikasi hasil penelitian terhadap Bimbingan dan Konseling Islam. Kedua, bagaimana dinamika strategi koping pada wanita dewasa awal penyintas deliberate self-harm dengan riwayat adverse childhood experiences. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian studi kasus pada penelitian ini adalah holistic case study dengan tipe single-case design. Penelitian ini melibatkan 8 partisipan penelitian dengan 4 orang sebagai partisipan utama dan 4 orang lainnya sebagai significant other. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat faktor yang kompleks pada individu yang melakukan perilaku deliberate self harm, dengan adverse childhood experiences sebagai faktor utama. Upaya preventif untuk mencegah timbulnya perilaku DSH yakni meningkatkan religiusitas diri, mengembangkan kemampuan adaptasi terhadap masalah, dan mengisi waktu dengan halhal positif. Adapun bagi konselor yakni memberikan layanan informasi berupa penyuluhan maupun seminar dan memberikan pendampingan bagi individu dengan riwayat adverse childhood experiences. (2) Perilaku deliberate self-harm merupakan perilaku negatif yang dapat disembuhkan. Koping yang timbul pada individu dengan perilaku deliberate self-harm tidak dapat terpolarisasi yakni tidak dapat hanya terfokus pada satu strategi koping. Pada penelitian ini, penulis menemukan adanya koping religius dan beberapa bentuk koping sebagai bentuk novelty dalam penelitian ini yaitu self reward, self acceptance, coping journaling, coping me-time dan koping mencari hiburan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi
Uncontrolled Keywords: Strategi Koping, Deliberate Self Harm, ACEs
Subjects: Bimbingan Konseling
Gender
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2023 13:24
Last Modified: 18 Oct 2023 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum