PREVALENSI DAN FREKUENSI GEN BUTA WARNA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ PADA JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS, DAN MA

Faidatun Nadiroh, NIM: 16640019 (2023) PREVALENSI DAN FREKUENSI GEN BUTA WARNA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ PADA JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS, DAN MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PREVALENSI DAN FREKUENSI GEN BUTA WARNA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ PADA JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS, DAN MA)
16640019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PREVALENSI DAN FREKUENSI GEN BUTA WARNA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ PADA JENJANG PENDIDIKAN MI, MTS, DAN MA)
16640019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan frekuensi gen buta warna pada santri di Pondok Pesantren Terpadu (PPT) Al Mumtaz di jenjang pendidikan MI, MTs, dan MA. Penelitian ini termasuk dalam kuantitatif deskriptif yang menggunakan desain studi penampang deskriptif (descriptive cross-sectional study) dan tergolong penelitian observasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 212 orang yang berasal dari siswa MI, MTs, dan MA Al Mumtaz di PPT Al Mumtaz. Cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability dengan teknik total sampling menggunakan instrumen 21 plates dari tes Ishihara. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-square Pearson pada taraf signifikasi 0,05. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan ialah prevalensi buta warna pada 212 siswa di Pondok Pesantren Terpadu (PPT) Al Mumtaz ialah 3,77%. Prevalensi buta warna pada 91 siswa laki-laki ialah 2,36% dan 121 siswi perempuan ialah 1,42%. Sementara itu, Frekuensi total gen buta warna pada 212 siswa di Pondok Pesantren Terpadu (PPT) Al Mumtaz ialah 0,029. Frekuensi gen pada siswa laki-laki adalah 0,055 dan 0,016 pada siswi perempuan. Hasil pengujian kesetimbangan genetik Hardy-Weinberg menggunakan uji Chi-square yang didapat ialah 4,212 pada derajat bebas = 3 dan menunjukkan tidak ada penyimpangan yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa frekuensi genotip dan frekuensi alel buta warna pada santri di Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz ialah sesuai dengan hukum kesetimbangan genetik Hardy-Weinberg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jumailatus Solihah, M.Si. dan Dian Aruni Kumalawati, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: buta warna; frekuensi gen; genetika populasi; pondok pesantren, prevalensi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 18 Oct 2023 15:05
Last Modified: 18 Oct 2023 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum