PEMBELAJARAN AKHLAK BERORIENTASI KURIKULUM TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK MU' ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA

Fita Yuliawati, NIM.: 00410295 (2005) PEMBELAJARAN AKHLAK BERORIENTASI KURIKULUM TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK MU' ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AKHLAK BERORIENTASI KURIKULUM TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK MU' ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA)
00410295_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AKHLAK BERORIENTASI KURIKULUM TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK MU' ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA)
00410295_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI khususnya pembelajaran akhlak yang berorientasi pada kurikulum terpadu yang ada di TKIT Mu'adz Bin Jabal, dan mengetahui bagaimana upaya TKIT Mu'adz Bin J abal dalam meningkatkan mutunya serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini diharapkan agar dipergunakan sebagai informasi baru serta menambah wawasan kita tentang pembelajaran PAI khususnya pembelajaran akhlak yang ada di TKIT Mu'adz Bin Jabal. Penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian kualitatif. Namun demikian penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif sebagai pendukung dalam pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Metode pengolahan datanya menggunakan analisis non statistik yaitu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI khususnya pembelajaran akhlak yang ada di TKIT Mu'adz Bin Jabal yang meliputi tujuan, materi, dan metode serta upaya yang ditempuh TKIT Mu'adz Bin Jabal dalam meningkatkaµ mutunya. Sedangkan analisis statistiknya digunakan untuk menghitung persentase angket yang diisi oleh orang tua santri tentang kemampuan anak, peran orang tua serta pendapat orang tua tentang pembelajaran PAI khususnya pembelajaran akhlak di TKIT Mu'adz Bin Jabal. Hasil penelitian menunjukkan: 1 )Proses pembelajaran yang ada di TKIT Mu'adz Bin Jabal sudah sesuai dengan materi dan kurikulum yang ada dan telah disesuuikan dengan kemampuan anak usia dini atau pra sekolah. Yang dimaksud dengan kurikulum terpadu di TKIT Mu'adz Bin Jabal yaitu memadukan antara materi umum dengan materi agama termasuk juga dengan pembelajaran akhlaknya. 2)Untuk meningkatkan mutu atau kualitas TKIT Mu'adz Bin Jabal pihak sekolah melakukan beberapa upaya atau solusi yang dilakukan yaitu antara lain mengadakan observasi dan studi banding ke sekolah lain serta mengadakan pelatihan atau seminar intern bagi guru atau ustadzah yang mengajar di sekolah tersebut. 3)Faktor pendukung yang mempengaruhi proses pembelajaran PAI mata pelajaran akhlak di TKIT Mu'adz Bin Jabal adalah adanya perpaduan antara materi umum dengan materi agama, anak didiknya yang cerdas yang ingin berkreasi lebih dalam hal pelajaran, potensi dari gurunya yang telah dididik dan dipersiapkan untuk menghadapi anak usia dini atau pra sckolah, scdangkan faktor pcnghambatnya yaitu ide atau kreativitas yang kurang, waktu yang tcrlalu singkat yang discdiakan dalam pcnyampaian matcri, anak didiknya yang terkadang terlalu ramai dan kurang bisa diatur dan dikendalikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Drs.H. Anas Sudijono
Uncontrolled Keywords: pembelajaran akhlak; santri; guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:18
Last Modified: 19 Oct 2023 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum