PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT (BANTUAN PANGAN NON TUNAI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO)

Nana Bilmuna, NIM : 16660011 (2023) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT (BANTUAN PANGAN NON TUNAI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT (BANTUAN PANGAN NON TUNAI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO))
16660011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT (BANTUAN PANGAN NON TUNAI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO))
16660011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pendistribusian merupakan salah satu proses yang penting untuk menyalurkan produk hingga sampai kepada konsumen. Sayangnya proses pendistribusian ini tidak memberikan nilai tambah pada produk serta memerlukan biaya tambahan pada pelaksanaannya. Karena pentingnya proses distribusi ini, proses ini tidak dapat dihilangkan atau dilewati, namun dapat dilakukan pengoptimalan dengan meminimalkan jarak tempuh kendaraan dengan mengatur urutan rute kendaraan, dengan hal tersebut diharapkan dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan. Pada penelitian ini, penentuan rute kendaraan dilakukan menggunakan algoritma Nearest Neighbour untuk mencari solusi awal, kemudian hasil dari solusi awal dilakukan pengolahan lanjutan menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization. Penelitian ini menggunakan data penelitan dari Tanggono (2019) yang melakukan penentuan rute pada pendistribusian beras BPNT wilayah Kota Yogyakarta menggunakan algoritma Nearest Neighbour dan Tabu Search. Selain untuk mengetahui jarak tempuh terpendek, penelitian ini juga akan membandingkan beberapa parameter yang digunakan dalam algotitma Ant Colony Optimization untuk mengetahui parameter yang dapt menghasilkan total jarak tempuh yang paling optimal. Dari penelitian ini didapatkan hasil total jarak tempuh kendaraan pada pendistribusian beras BPNT wilayah Kota Yogyakarta sebesar 98,85 KM, dimana nilai ini lebih kecil 10,18% atau 11,2 KM dari penelitian sebelumnya yang memiliki total jarak tempuh sebesar 110,05 KM, serta parameter algoritma Ant Colony Optimization dengan kinerja terbaik pada penelitian ini diketahui nilai parameter α = 0,1, β = 1, ρ = 0,1, jumlah iterasi = 10 dan jumlah semut = 10. Pada parameter tersebut memberikan lebih dari satu pilihan solusi serta memberikan hasil total jarak tempuh paling minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Dwi Agustina Kumiawati. S.T.,M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN. Eng.
Uncontrolled Keywords: VRP; CVRP; Nearest Neighbour; Ant Colony Optimization; Distribusi
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 19 Oct 2023 13:58
Last Modified: 19 Oct 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum